7 Tips Aman Mudik Lebaran dengan Sepeda Motor

klg asli

berhasil

Mudik Lebaran 2015

Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor - Meski sarana transportasi umum dari berbagai jenis sudah cukup banyak, penggunaan sepeda motor tetap menjadi hal yang tak terlepaskan dalam kegiatan mudik Lebaran. Tak kebagian tiket menjadi alasan utama yang cukup sering dilontarkan warga pemudik yang memilih pulang ke kampung halaman dengan sepeda motor.

Dilansir wartainfo.com dari Kompas Berikut ini adalah tujuh tips aman dan nyaman untuk para pemudik yang ingin mudik menggunakan sepeda motor.

1. Persiapkan kondisi badan

Diperlukan kondisi badan yang prima apabila ingin mudik menggunakan sepeda motor. Hal ini tidak hanya berlaku bagi pembonceng, tetapi juga untuk orang yang dibonceng. Sebab, berbeda dengan mobil, orang yang dibonceng dituntut harus selalu bisa menyeimbangkan kendaraan.

Untuk mendapatkan kondisi tubuh yang prima, disarankan pemudik bermotor sebaiknya beristirahat yang cukup sehari sebelum keberangkatan. Akan lebih baik apabila ditambah dengan konsumsi suplemen tambahan.

2. Persiapkan kondisi kendaraan

Pastikan sepeda motor dalam kondisi baik dan laik jalan. Bagian yang perlu dicek adalah:
- Mesin
Pastikan kendaraan telah rutin melakukan pergantian oli dan servis berkala.

- Ban.
Pastikan ban tidak gundul atau kurang angin. Akan lebih baik apabila menggunakan ban tubeless (tanpa ban dalam).

- Aki
Pastikan aki dalam kondisi baik untuk menjamin berfungsinya lampu, klakson, maupun starter.

- Rantai
Pastikan rantai tidak kendor untuk mencegahnya putus di tengah jalan. Jangan lupa, bawalah peralatan standar untuk perbaikan motor untuk mengantisipasi bila ada kerusakan yang tidak terduga di tengah jalan.

3. Gunakan perlengkapan keselamatan

Kenakan helm, masker, sarung tangan, jaket, maupun sepatu yang nyaman dikenakan. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap kenyamanan selama mengemudi. Dan untuk mengantisipasi cuaca buruk, jangan lupa untuk membawa jas hujan.

4. Batasi barang bawaan

Bawalah barang bawaan secukupnya. Jangan membawa barang melebihi kapasitas karena akan berpengaruh terhadap keseimbangan dalam berkendara. Akan lebih baik apabila barang dibawa menggunakan kotak khusus yang dipasang di bagian belakang motor. Dengan demikian, pengemudi bisa tetap fokus berkendara tanpa terbebani oleh barang bawaan.

5. Gadget

Pastikan gadget selalu aktif. Banyak aplikasi yang berguna, terutama aplikasi yang terkait dengan penunjuk arah.

6. Istirahat bila lelah

Ukuran ideal dalam berkendara adalah tiga jam. Karena itu, ada baiknya untuk beristirahat setelah tiga jam berkendara. Jangan paksakan untuk terus berkendara walaupun jarak dengan tempat tujuan sudah dekat.

7. Berdoa

Berdoalah sebelum dan sepanjang perjalanan. Baik saat di rumah sebelum berangkat, selama di atas motor, dan di setiap titik peristirahatan. (wartainfo.com)

ยป 6 Aplikasi Peta untuk Perjalanan Mudik Lebaran

Category: Tips, Tradisi BudayaTags:
Jayabet