Planet Baru yang Mirip dengan Bumi Ditemukan Teleskop Kepler

klg asli

berhasil

Kepler452b Planet Baru yang Mirip dengan Bumi Ditemukan Nasa

Wartainfo.com - Ilmuwan berhasil menemukan planet baru yang diklaim paling mirip dengan bumi dan bahkan bisa dikatakan sebagai planet kembaran bumi. Sebuah planet yang sangat mirip dengan Bumi dan berpotensi mampu mendukung kehidupan telah ditemukan di zona layak huni di sekitar bintang mirip matahari yang jauh. Demikian diungkapkan para ilmuwan AS.

Planet terbaru yang diberi nama Kepler 452b itu adalah planet termirip dengan Bumi yang pernah ditemukan oleh tim peneliti. "Ini adalah planet berbatu, mengelilingi bintang sejenis matahari dan mungkin bisa dihuni," ujar Jeff Coughlin, ilmuwan Seti. Ia menambahkan planet ini sudah seperti sepupu jauh Bumi dengan umur lebih tua dan lebih besar.

Para peneliti memperkirakan 452b memiliki massa lima kali dari Bumi atau sekitar 1,5 miliar tahun lebih tua dengan gravitasi dua kali lebih kuat. Ia berjarak 1.400 tahun cahaya dan mengitari bintang yang mirip matahari. Satu tahun di sana juga terhitung tidak beda jauh seperti di bumi. Dan yang paling penting, planet tersebut kemungkinan memiliki air.

Ilmuwan NASA Jon Jenkins menduga wujud bebatuan gunung ini disebabkan gunung berapi aktif dan atmosfer yang lebih tebal dengan jumlah awan yang jauh lebih banyak dibanding Bumi.Tapi di luar kemiripannya dengan Bumi, pusat orbit 452b lebih tua 1,5 miliar tahun dan lebih besar 4% dari matahari sehingga panas 20% dari Bumi.

Ada kemungkinan Kepler 452b telah mengalami apa yang sedang terjadi di Bumi satu miliar tahun lalu. "Jika Kepler 452b adalah planet berbatu, mungkin planet itu sedang dalam fase rumah kaca. Mataharinya yang sudah tua mungkin mengubah lautan di sana menjadi uap," kata Doug Caldwell, peneliti dari the Seti Institute.

Penemuan besar astronomi ini sulit dilepaskan dengan keberadaan teleskop Kepler. Teleskop ini mampu mengidentifikasi planet dengan observasi cahaya bintang yang tertutup oleh planet yang melintas di depannya, mirip dengan bulan yang mengakibatkan gerhana di Bumi. Namun konfirmasi status planet masih memerlukan observasi lebih jauh.

Pada 2017 NASA berencana meluncurkan satelit baru untuk meneruskan misi Kepler. Satelit bertugas melacak planet-planet yang berada di tata surya terdekat. Dengan teleskop dan satelit seperti itu, ilmuwan berharap bisa menciptakan peta planet mirip Bumi pertama termasuk detil awan, lautan, dan musim yang mungkin ada di planet tersebut.

Ditemukan Ribuan Planet

Foto Pics Kepler 452b Planet Baru yang Paling Mirip dengan Bumi Ditemukan Teleskop NASA

NASA meluncurkan teleskop Kepler pada 2009 untuk survei sampling bintang terdekat dalam upaya untuk mengetahui apakah ada planet lain seperti Bumi di galaksi.

"Ini adalah kemajuan besar dalam menemukan planet seperti Bumi yang mirip dalam ukuran dan suhu di sekitar bintang mirip matahari," kata ilmuwan Jeff Coughlin.

Berdasarkan ukurannya, para ilmuwan percaya Kepler-452b berbatu seperti Bumi, meskipun teori yang didasarkan pada analisis statistik dan pemodelan komputer tidak memiliki bukti langsung.

Bintang induk Kepler-452b berusia sekitar 6 miliar tahun, dibandingkan dengan usia matahari yang 4,6 miliar tahun. "Ini menakjubkan untuk mempertimbangkan bahwa planet ini telah menghabiskan 6 miliar tahun di zona habitasi bintang," kata Jenkins.

Dengan ditemukannya Kepler-452b, teleskop ini telah menemukan 1.030 planet yang dikonfirmasi dan diidentifikasi dari hampir 5.000 planet. Daftar planet potensial meliputi 11 yang dekat Bumi, 7 di antaranya lingkaran bintang seperti matahari.

"Upaya untuk mengetahui apakah Kepler-452b memiliki kondisi seperti Bumi mungkin harus menunggu generasi baru teleskop ruang yang lebih sensitif," kata administrator asosiasi NASA, John Grunsfeld. (wartainfo.com)

ยป 6 Fakta Unik dan Menarik tentang Planet Pluto

Category: Berita Peristiwa, Dunia
Jayabet