11 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Inggris 2015

klg asli

berhasil

MotoGP Lorenzo VS Valentino Rossi 2015

Jelang MotoGP Inggris 2015 - Ajang balap Seri ke-12 MotoGP 2015 akan dihelat di sirkuit Silverstone, Inggris. Pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang meraih podium pertama pada race tahun lalu diprediksi bisa kembali berjaya pada akhir pekan nanti.

Persaingan di papan atas klasemen pembalap MotoGp 2015 sudah pasti bakal bertambah seru jika skenario tersebut tersaji. Maklum, Marquez terpaut poin yang sangat tipis dengan pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Kedua pebalap Movistar Yamaha tersebut tengah menguasai posisi teratas klasemen sementara dengan poin sama persis, 211. Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berada di urutan ketiga 159.

GP Inggris akan dimulai dengan sesi latihan bebas pertama pada Jumat (28/8/2015) pagi waktu setempat. Sebelum parsaingan dimulai, berikut 11 Data dan fakta menarik seputar MotoGP Inggris. (wartainfo.com)

  • Sepanjang keikutsertaannya di pentas MotoGP, Andrea Dovizioso baru satu kali memetik kemenangan, yang diraih pada GP Inggris 2009 di Sirkuit Donington Park, bersama tim Honda.
  • Dari sekian banyak pebalap yang pernah memetik kemenangan pada GP Inggris, hanya ada dua yang bisa menang lebih dari satu kali dengan motor berbeda. Kedua pebalap itu adalah Valentino Rossi (Honda, Yamaha) dan Casey Stoner (Ducati, Honda).
  • Sepanjang sejarah GP Inggris, hanya ada dua pebalap tuan rumah yang mampu memetik kemenangan, yaitu Scott Redding (Moto3 2008 dan Moto2 2013) dan Ian McConnachie (80cc 1986).
  • Valentino Rossi, Casey Stoner, dan Jorge Lorenzo merupakan pebalap yang paling sering memenangi GP Inggris pada kelas MotoGP (sejak 2002), dengan memetik tiga kemenangan.
  • Jika Jorge Lorenzo berhasil finis pertama pada GP Inggris akhir pekan ini, dia akan mengantongi kemenangan keenam musim ini. Dia masih menjadi pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak pada MotoGP 2015 (5 kemenangan).
  • Sepanjang sejarah GP Inggris, hanya ada enam pebalap yang sanggup memetik dua kemenangan beruntun atau lebih di kelas premier (MotoGP dan 500cc). Mereka adalah Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Casey Stoner, Michael Doohan, Kevin Schwantz, dan Kenny Roberts.
  • Dari 38 seri GP Inggris yang pernah digelar, ada 10 pebalap non-Eropa yang pernah memenangi GP Inggris di kelas premier (MotoGP dan 500cc), yaitu Pat Hennen, Kenny Roberts, Randy Mamola, Freddie Spencer, Kevin Schwantz, Eddie Lawson (AS), Wayne Gardner, Michael Doohan, Simon Crafar, dan Casey Stoner (Australia).
  • Para pebalap Amerika Serikat memiliki catatan bagus di GP Inggris, terutama pada awal-awal penyelenggaraan. Total ada 13 pebalap AS yang pernah memenangi persaingan kelas premier (MotoGP dan 500cc) GP Inggris.
  • Honda menjadi tim dengan jumlah kemenangan terbanyak pada kelas premier (MotoGP dan 500cc) GP Inggris. Pabrikan asal Jepang itu sukses meraih total 15 kemenangan.
  • Valentino Rossi mampu menampilkan performa menjanjikan musim ini dengan rekor selalu finis di posisi podium. Jika mampu kembali naik podium di Silverstone akhir pekan ini, Rossi akan mencatatkan total 16 podium beruntun sejak GP Jepang 2014.
  • Pada 2015, GP Inggris akan memasuki seri ke-39. Dari total 38 seri yang telah digelar, 15 balapan di antaranya digelar di Sirkuit Silverstone, sedangkan 24 balapan lainnya berlangsung di Sirkuit Donnington Park.

» Video Aksi Hot Paddock 'Umbrella" Girls Seksi 'Gadis Payung' MotoGP Indianapolis 2015
» 5 Pembalap MotoGP yang Meninggal Kecelakaan Tragis di Sirkuit Saat Balapan

Category: MotoGP, OlahragaTags:
Jayabet