5 Foto Hoax yang Menghebohkan Dunia Internet

klg asli

berhasil

Foto Hoax yang Heboh Menggemparkan Internet

Foto Hoax yang Menggemparkan Internet - Hati-hati ketika mendapat berita atau informasi di dunia maya. Tak jarang ternyata apa yang sebelumnya kita yakini benar ternyata hanya berita palsu atau hoak.

Beberapa kali pengguna media sosial membagikan berita dan foto-foto hoak tanpa melakukan verifikasi. Foto-foto itu sengaja diambil dari berita-berita lama di internet dan diedit sedemikian rupa dengan menambah caption atau keterangan foto baru.

Salah satu contohnya, adalah foto hoax pembantaian muslim Rohingya. Foto yang ditambah dengan kata-kata provokatif ini berhasil membuat masyarakat tertipu dan tersulut emosinya. Dikutip wartainfo.com dari merdeka, Berikut lima foto hoax yang paling menghebohkan membuat gempar dunia internet dan sempat beredar di media sosial.

1. Foto hoax kekerasan Satpol PP pada warga Kampung Pulo, Jakarta Timur

Foto hoax kekerasan Satpol PP terhadap warga Kampung Pulo yang Menghebohkan

Seorang pengguna media sosial menyebarkan foto lama namun diklaim sebagai gambaran kekerasan yang dilakukan aparat saat bentrok antara Satpol PP dan warga di Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Foto tersebut diunggah oleh akun @MustopaNahra. Dia menyebutkan darah warga miskin ditumpahkan oleh aparat.

Namun, dari hasil penelusuran wartainfo.com, ternyata foto yang disertakan dalam informasi tersebut palsu. Sebab, foto yang dicantumkan tersebut merupakan peristiwa dari bentrokan antara warga dan Satpol PP di dekat Makam Mbak Priok, Jakarta Utara. Peristiwa ini terjadi pada 14 April 2010 lalu.

2. Pesan hoax penemuan pesawat AirAsia QZ 8501

Foto Hoax penemuan pesawat AirAsia QZ 8501yang Menggemparkan Dunia

Kabar ditemukannya pesawat Air Asia dan penumpang semua selamat sempat menyebar ke sejumlah BBM keluarga penumpang. Salah satu keluarga Kristiyono Penumpang Air Asia QZ 8501 sempat bernapas lega saat mendapatkan informasi dari salah satu kerabatnya, bahwa Kristiyono dan keluarganya selamat.

Sayangnya, setelah dilakukan pengecekan ulang, ternyata kabar tersebut tidak benar alias hoax.

3. Foto hoax pembantaian umat muslim Rohingya di Myanmar

Foto Hoax pembantaian umat muslim Rohingya di Myanmar paling Menggemparkan dunia

Ternyata Foto ini bukan korban pembunuhan, justru sebaliknya foto tersebut adalah foto situasi ketika umat Buddha di Tibet membantu evakuasi mayat pasca terjadinya gempa di Cina.

Begitu maraknya pemberitaan tentang pembantaian Muslim Rohingya di Myanmar membuat muncul foto-foto hoax. Celakanya foto tersebut tersebar ke penjuru dunia sehingga membuat image pemerintahan Myanmar yang sangat buruk.

Disatu sisi memang pernah terjadi konflik umat muslim Rohingya di Myanmar. Namun, Pemerintah Myanmar telah berusaha untuk mencari solusi terbaik.

4. Foto hoax korban Sukhoi Superjet 100

Foto Hoax korban Sukhoi Superjet 100 yang Menghebohkan Dunia

Pemilik akun Twitter Yogie Samtani yang pertama kali mengunggah gambar tersebut. Foto jenazah yang diduga korban pesawat Sukhoi Superjet 100, ternyata palsu alias hoax.

Pemilik akun Twitter, Yogie Samtani mengklaim foto tersebut adalah pilot Sukhoi Super Jet 100 Alexander Yablontsev. Foto jenazah pria yang berwajah bule di foto hoax adalah pilot asal Serbia, dan yang berada di sebelahnya adalah co-pilot, warga India.

Berdasarkan penelusuran wartainfo.com, foto tersebut ternyata adalah jenazah korban kecelakaan pesawat Air India Express Boeing 737-800 gagal mendarat di Bandara Bajpe Mangalore, India, yang terjadi pada 22 Mei 2010.

5. Foto hoax penampakan awan berdoa di Pemakaman Ustaz Jefri Al Buchori

Foto Hoax penampakan awan berdoa di Pemakaman Ustaz Jefri Al Buchori Paling Heboh Menggemparkan di Indonesia

Dua hari setelah meninggalnya ustadz Jefri Al Buchori dikagetkan dengan beredarnya foto Awan berdoa di atas makam Uje yang di klaim beberapa media diambil saat usai pemakaman beliau.

Seseorang yang mengaku pemilik foto awan tersebut, Hanindita Setiadji mengaku sudah memotret awan ini pada 8 Maret 2013 pukul 18.00 WIB.

Berdasarkan penelusuran, foto ini diambil di atas areal kolam renang di kawasan Citos (Cilandak Town Square), Jakarta Selatan bukan di atas makam Uje. (wartainfo.com)

Category: Berita Peristiwa, Serba - SerbiTags:
Jayabet