8 Tips Cara Mengatasi Telinga Berdengung Secara Alami

klg asli

berhasil

Cara Mengatasi Mengobati Telinga Berdengung Denging
Cara Mengobati Kuping Berdenging - Suara dengung di telinga atau yang dalam bahasa medisnya disebut dengan Tinnitus terjadi akibat kerusakan saraf telinga. Gangguan ini membuat telinga Anda menangkap suara dengan volume yang cenderung keras berlebihan.

Tentunya hal tersebut tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Namun gangguan ini, bisa disiasati dengan beberapa cara alami mengatasi dan mengobati telinga berdengung yang dilansir wartainfo.com dari magforwomen dan Boldsky berikut ini.

1. Kompres

Telinga berdengung, bisa dipicu beberapa gejala, seperti karena menempuh perjalanan jauh atau menaiki pesawat terbang. Namun hal ini, bisa disiasati dengan melakukan kompres dengan menggunakan air hangat. Gunakan handuk hangat dan tempelkan di bagian telinga, kompres 10 menit dan rasakan telinga yang lebih nyaman dan lega.

2. Berkumur

Berkumur dengan air hangat, juga bisa menjadi senjata penghilang telinga berdengung mengganggu. Campurkan dengan satu sendok teh garam, agar khasiatnya lebih baik. Kumur 2 kali sehari, agar telinga tak terganggu dengan dengungan mengganggu.

3. Mengunyah

Cara paling mudah dan cepat untuk menghilangkan dengungan pada telinga, adalah dengan mengunyah dan menelan. Salah satu contohnnya, bisa dilakukan dengan mengunyah permen karet, yang bisa secara langsung melegakan saluran udara di bagian telinga sehingga dengungan berkurang dan telinga lebih nyaman.

4. Terapi uap

Sama dengan cara alami menghilangkan sinusitis, menghilangkan dengung pada telinga, bisa dilakukan dengan melakukan terapi uap. Cukup sediakan air panas di sebuah wadah, lalu hirup uap panas yang dihasilkannya. Tambahkan minyak kayu putih, agar uapnya lebih hangat dan melegakan seluran telinga Anda.

5. Mengurangi asupan kafein

Jika Anda mempunyai kebiasaan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut apabila telinga Anda sedang sakit. Kafein dapat mengurangi aliran darah ke telinga dan leher serta mampu menyumbat aliran darah di pembuluh darah kecil.

6. Mengurangi asupan garam

Kelebihan asupan garam dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan hipertensi. Kandungan sodium di dalamnya juga mampu meningkatkan efek buruk dari tinnitus.

7. Hindari suara yang terlalu keras

Jika Anda sedang menderita penyakit ini, hindarilah suara yang terlalu keras. Suara bising malah akan memperburuk kondisi pendengaran Anda.

8. Gunakan white noise generator

Alat ini mampu menghindarkan penderita penyakit tinnitus dari suara yang bising. Gunakan alat ini ketika Anda sedang tidur, untuk menghindari gangguan suara yang akan memperparah penyakit Anda.

Tinnitus atau gangguan yang menyebabkan suara berdengung di telinga disebabkan oleh banyak faktor seperti bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan saraf. Oleh karena itu jaga selalu kebersihan dan kesehatan telinga Anda. Jika anda mengalami gangguan telinga berdengung, tidak salahnya mencoba tips diatas. (wartainfo.com)

Category: KesehatanTags:
Jayabet