Daftar 11 Universitas ‘Kampus’ Terbaik di Indonesia 2015

klg asli

Universitas Kampus Terbaik di Indonesia 2015

Universitas (Kampus) Terbaik di Indonesia - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) mengumumkan hasil klasifikasi dan pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia. Apa yang menjadi dasar pertimbanganmu saat memilih perguruan tinggi di Tanah Air? Daftar 11 Kampus Terbaik di Indonesia yang dikeluarkan Kemenristek Dikti ini bisa menjadi acuan.

Dirjen Kelembagaan Ristekdikti, Patdono Suwignjo mengatakan, berdasarkan data klasifikasi, pemerintah menetapkan 11 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Data ini diambil berdasarkan laporan perguruan tinggi Indonesia di Pangkalan Data Perguruan Tinggi dan data eksternal Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) per Desember 2014. Kemenristek Dikti kemudian memberi skor dari skala 1-4 terhadap pemeringkatan ini.

Perguruan terbaik di Indonesia adalah Institut Teknlogi Bandung (ITB). Kampus teknik tertua di Tanah Air itu unggul dengan skor total 3.743 pada berbagai indikator yang dipakai Kemenristek Dikti.

Berikut Daftar 11 kampus (Universitas) paling terbaik di Indonesia tahun 2015, seperti dilansir Kemenristek Dikti.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB); skor total 3.743;

2. Universitas Gadjah Mada (UGM); skor total 3.690;

3. Institut Pertanian Bogor (IPB); skor total 3.490;

4. Universitas Indonesia (UI); skor total 3.412;

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS); skor total 3.289;

6. Universitas Brawijaya (UB); skor total 3.217;

7. Universitas Padjadjaran (Unpad); skor total 3.075;

8. Universitas Airlangga (Unair); skor total 3.064;

9. Universitas Sebelas Maret (UNS); skor total 3.035;

10. Universitas Diponegoro (Undip); skor total 2.983; dan

11. Universitas Hasanuddin (Unhas); skor total 2.978.

Baca juga: Daftar 20 Universitas "Kampus" Paling Terbaik di Dunia Tahun 2015

Untuk kesebelas universitas terbaik ini, kata Patdono, kementerian telah menyiapkan program pembinaan agar mereka dapat bersaing dengan universitas-universitas terbaik di dunia. Sebagai informasi, baru ada dua universitas, yaitu ITB dan UI, yang masuk dalam 500 universitas terbaik dunia.

Patdono menjelaskan, peringkat ini disusun berdasarkan empat kriteria: (1) kualitas dosen atau sumber daya manusia, (2) kualitas manajemen dan organisasi, (3) kualitas kegiatan kemahasiswaan, dan (4) kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. Jadi, kata dia, universitas yang paling rajin memasukkan data-data soal kondisi universitasnya berpeluang besar masuk dalam kriteria terbaik ini. (wartainfo.com)

Category: Indonesia
Jayabet