Efek Bahaya Penggunaan Konsumsi Obat Jangka Panjang

klg asli

berhasil

Jenis Obat yang Berbahaya dikonsumsi jangka panjang

Wartainfo.com - Sebagian obat jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan lebih banyak kerugian dibanding manfaat positifnya. Pada beberapa kasus, terkadang hanya dengan mengubah kebiasaan sudah cukup mengobati gejala penyakit yang kita obati.

"Selalu ada risiko saat kita minum obat. Termasuk obat yang dibeli bebas atau obat resep. Jika Anda memiliki kondisi yang butuh pengobatan jangka panjang, biasanya manfaatnya melebihi risikonya," kata Jack Chou, dokter keluarga dari California, AS.

Kebanyakan obat jangka pendek dibuat untuk mengobati masalah yang sifatnya sementara dan ringan. Namun jika kita mengonsumsi obat seperti ini terus-terusan, efek sampingnya perlu diwaspadai. Dilansir dari Healthkompas, berikut ini Jenis obat jangka pendek yang harus diwaspadai jika dikonsumsi dalam waktu jangka panjang dan terus menerus:

1. NSAIDs (nonsteroidal anti-inflammatory drugs)

Ini adalah obat antiradang nonsteroid yang memiliki efek sebagai pereda nyeri. Badan pengawas obat sejak lama mewajibkan efek samping obat ini ditulis dalam kemasan, misalnya serangan jantung dan stroke.

Efek samping tersebut lebih besar pada orang yang punya riwayat penyakit jantung dan dipakai dalam dosis besar. Sebaiknya obat antinyeri dipakai dalam jumlah rendah dan durasi sebentar.

2. Antikolinergik

Ini adalah obat yang memengaruhi fungsi persarafan. Zat antikolinergik ini juga ditemukan dalam obat batuk, obat tidur, dan obat untuk mengontrol kandung kemih. Penelitian menyebutkan, mengonsumsi obat jenis ini selama 3 tahun atau lebih bisa meningkatkan risiko demensia sampai 50 persen, terutama pada orang berusia di atas 60 tahun.

3. Proton Pump Inhibitor (PPIs)

PPIs adalah obat untuk mengatasi serangan panas (heartburn) akibat naiknya asam lambung. Obat yang dijual bebas ini harus dikonsumsi tak lebih dari 2 minggu. Jika Anda masih mengalami serangan heartburn, konsultasikan dengan dokter.

Efek samping yang mungkin timbul adalah mengurangi kadar magnesium dalam tubuh, menyebabkan kram, tangan gemetar, dan detak jantung tak teratur. Karenanya, penggunaan obat adalah pilihan terakhir untuk mengobati heartburn. Yang utama adalah membatasi makanan yang memicu naiknya asam lambung.

4. Obat tidur

Apa pun kandungan obatnya, baik itu obat resep atau yang dibeli bebas, obat tidur tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang. "Anda bisa jadi toleran sehingga dosisnya harus terus ditambah. Ini semakin membuat sulit tidur," kata Chou.

5. Obat semprot hidung dan dekongestan

Obat dekongestan yang disemprot sebaiknya tidak dipakai dalam jangka panjang karena bisa membuat hidung tersumbat semakin parah.

Sementara itu obat dekongestan yang mengandung pseudoephedrine yang diminum juga bisa menyebabkan efek samping kejang, halusinasi, sakit kepala, dan insomnia.

6. Obat jangka panjang

Sebagian obat-obatan diciptakan untuk mengatasi kondisi yang penyakit seumur hidup. Jika Anda mendapatkan obat resep seperti ini, biasanya dokter akan menggantinya setelah beberapa tahun.

7. Antidepresan

Obat antidepresan pada umumnya diresepkan selama 6 bulan sejak periode pertama depresi. Obat antidepresan memiliki efek samping seperti insomnia dan libido rendah. Efek samping ini terjadi pada mereka yang minum obat jangka panjang.

8. Antipsikotik

Tergantung pada kondisinya, tapi obat-obatan psikotik atau gangguan jiwa perlu dikonsumsi tahunan bahkan seumur hidup. Tetapi jika dikonsumsi sesuai anjuran biasanya beberapa tahun obat ini sudah memberi hasil yang baik.

9. Statin

Bagi banyak orang efek samping statin lebih kecil dibanding manfaatnya jika kita mengonsumsi obat ini. Tujuan utama mengonsumsi statin adalah mencegah penyakit jantung.

Meski jarang, namun statin bisa merusak liver. Karena itu segera konsultasikan pada dokter jika mendadak Anda menjadi gampang lelah, kehilangan nafsu makan, warna urine gelap, atau tidak nyaman di perut.

10. Albuterol

Jika Anda memiliki asma, obat ini adalah "penolong" yang kita butuhkan saat serangan asma datang. Risiko albuterol terjadi jika kita menggunakannya bukan cuma saat asma kambuh.

ยป Hati-Hati! 8 Jenis Obat ini Dapat Menurunkan Libido "Vitalitas Seksual" Anda

Category: Kesehatan
Jayabet