Heboh! Video Cara Penggusuran Era Dulu dan Ahok Beredar di Youtube

klg asli

berhasil

Heboh Kampung Pulo, ini video cara penggusuran era dulu dan Ahok

Wartainfo.com - Pemerintah Kota Jakarta Timur melakukan penertiban terhadap perumahan warga di Kampung Pulo yang menghuni sepanjang jalur normalisasi Ciliwung, Kamis (20/8/2015). Mereka direlokasi ke rumah susun sewa yang letaknya tak jauh dari Kampung Pulo.

Jika berbicara tentang penggusuran di Jakarta seperti yang baru-baru ini terjadi di Kampung Pulo dan Waduk Pluit serta Waduk Ria Rio setahun lalu sebenarnya bukanlah yang pertama terjadi. Sudah sejak lama warga miskin kota yang tinggal di lahan ilegal termasuk bantara sungai ditertibkan pemerintah.

Sama seperti yang terjadi di Kampung Pulo dan Waduk Pluit baru-baru ini, sebagian warga juga menolak. Sebagai penduduk lama, mereka tak terima rumah dihancurkan.

Sebagian juga mengeluh mereka tak terima digusur karena tak ada pemberitahuan sebelumnya. Mereka merasa nasib warga miskin harus tertindas.

Sebut saja penggusuran di kolong tol Priok pada 2002 lalu, kemudian di kawasan Pejagalan, di banjir kanal, di bawah kolong layang Pluit dan sejumlah kasus lainnya.

Cerita soal sejumlah penggusuran yang terjadi di Jakarta dan jeritan suara warga sempat direkam oleh seseorang yang kemudian diunggah ke Youtube oleh pemilik akun Jesse J. Video pada 15 Agustus lalu atau tepat lima hari sebelum hunian ilegal di Kampung Pulo ditertibkan.

Sejak diunggah, video berdurasi 8 menit 05 detik itu sudah ditonton 2.303 kali dan dilike sebanyak 95 kali. Si pengunggah sempat memberikan testimoninya.

"15 tahun yang lalu Jakarta adalah neraka bagi rakyat miskin. Tahun 2000, 2001, 2002, 2003 terjadi banyak penggusuran di berbagai pelosok kota Jakarta. Pemerintah menggusur tanpa solusi sehingga rakyat yang digusur menjadi terlantar dan tidak tahu harus tinggal dimana. Tahun 2007, Pilkada langsung sudah dimulai, rakyat bisa memilih langsung pemimpinnya. Tetapi apa yang terjadi? Penggusuran secara sewenang-wenang dan tidak beradab masih saja berlangsung. Rakyat tidak diperlakukan selayaknya manusia tetapi seperti binatang.

Sampai akhirnya pada tahun 2012, Tuhan mendengarkan teriakan rakyat kecil ini. Dia memberikan kita pahlawan kemerdekaan bagi rakyat kecil. Jokowi dan Ahok menjadi pemimpin baru di kota Jakarta. Mereka menyerukan Jakarta Baru dan mereka telah menepati janji mereka. Sejak hari itu sampai hari ini, rakyat kecil baru bisa merasakan bagaimana diperlakukan bukan seperti binatang tetapi benar-benar selayaknya manusia. Mereka diberikan tempat tinggal yang layak dan sepantasnya."

Berikut ini video penggusuran yang terjadi di Jakarta dari tahun ke tahun dan di era Ahok:

Category: Berita Peristiwa, Foto Video
Jayabet