5 Tanda Anak Perempuan Alami Menstruasi ‘Haid’ Pertama Kali

klg asli

berhasil

Tanda Menstruasi Haid Pertama Kali Pada Anak Perempuan

Datang Bulan 'Haid' Pertama Kali Pada Anak Gadis - Malu, kaget, dan takut bisa jadi hal yang kebanyakan dirasakan anak gadis ketika mendapati dirinya pertama kali mengalami menstruasi. Alasannya bermacam-macam, karena temannya belum ada yang haid bahkan takut terjadi sesuatu dengan alat vitalnya.

Biasanya menstruasi pertama kalinya dialami oleh seorang gadis saat berusia 10-15 tahun. Ada tanda-tandanya yang harus dikenali agar tidak terkejut bila pertama kali melihat darah yang mengalir dari Miss V.

Dilansir wartainfo.com dari okezone, meskipun tidak ada satu usia yang tepat saat seorang gadis mendapatkan menstruasi, ada beberapa tanda-tanda menstruasi segera dimulai. Apa saja?

1. Payudara membesar

Sebelum mengalami menstruasi, seorang gadis biasanya akan mengalami perubahan fisik seperti halnya payudara tumbuh membesar dan tumbuh bulu rambut di sekitar Miss V. Kemudian, ia pun akan mendapat haid sekira dua tahun setelah payudaranya mulai berkembang.

2. Muncul lendir

Pada saat yang sama biasanya di area Miss V tiba-tiba muncul cairan keputihan berupa lendir yang menempel di celana dalamnya. Debit ini biasanya dimulai sekitar enam bulan sampai satu tahun sebelum seorang gadis mendapat periode pertamanya.

3. Perubahan hormon

Saat ia hendak mengalami menstruasi tentu akan mengalami perubahan hormonal. Tanda-tandanya mungkin seorang gadis pertama kalinya mengalami moody dan gangguan psikologis lainnya.

4. Timbul rasa sakit

Pada awal menstruasi mungkin si gadis juga akan merasakan rasa sakit di sekitar punggung dan perut bagian bawah. Ini terjadi karena mungkin ia jarang olahraga dan tidak memiliki pola makan benar.

5. PMS

Sebelum menstruasi datang, si gadis juga mungkin mengalami masa-masa premenstrual syndrome (PMS) dengan ditandai nyeri perut, sakit kepala, perasaan kembung, perubahan warna kulit dan rambut, mudah lelah hingga sering gelisah. (wartainfo.com)

Category: Kesehatan, Wanita
Jayabet