8 Fakta Unik dari Hewan Kurban Idul Adha Sapi dan Kambing

klg asli

berhasil

Hewan Kurban Sapi dan Kambing

Hewan Kurban Idul Adha Sapi dan Kambing - Sudah menjadi tradisi, setiap menjelang hari Raya Idul Adha akan banyak terlihat hewan Kurban, seperti di pelataran masjid atau lapangan perumahan dan beberapa sudut jalan yang banyak menjadi tempat berjualan hewan kurban, seperti kambing atau sapi.

Hampir setiap hari ada saja yang berkunjung untuk membeli. Lucunya, anak-anak pun ikut melihat hewan kurban untuk sekadar bermain atau memberi makan hewan kurban. Hewan-hewan kurban yang gemuk dan menggemaskan jarang sekali kita temui sehari-hari. Hanya setahun sekali bisa kita rasakan suasana Idul Adha

Di balik itu semua banyak tersimpan fakta-fakta menarik dan unik juga dari hewan kurban. Dikutip wartainfo.com dari liputan6, Berikut ini 8 fakta unik dan menarik tentang hewan qurban sapi dan kambing:

1. Manjanya kambing

Kita tahu bahwa makanan kambing adalah rumput. Namun ketika makanan tersebut jatuh ke tanah, kambing tersebut enggan memakannya lagi walaupun kondisi rumput tersebut masih segar. Karena itu kambing dibilang manja karena sifatnya yang aneh saat makan rumput.

Untuk mengatasi hal ini, biasanya peternak kambing mengakali dengan membuat kandang dengan model panggung dengan wadah makanan yang dibuat sedemikian rupa, sehingga rumput yang jatuh nanti tidak langsung ke tanah.

2. Kambing adalah hewan pertama yang diternakkan

Kambing disebut-sebut sebagai hewan pertama yang diternakkan manusia. Pendapat ini dikuatkan oleh adanya penemuan lukisan dinding gua di daerah Eropa yang usianya sudah mencapai 12.000 tahun.

3. Kambing dianggap cikal bakal penemuan kopi

Cikal bakal penemuan kopi ternyata dari kambing. Diceritakan bahwa penggembala kambing saat itu heran melihat kambingnya lincah dan energik. Setelah diselidiki ternyata kambing tersebut memakan buah atau biji kopi. Sejak saat itulah kopi mulai dibudidayakan.

4. Kambing punya pupil mata yang unik

Jika pupil manusia bentuknya bulat, pupil mata kambing berbentuk segi empat. Ini membuat mata kambing memiliki pandangan seluas 320-340 derajat. Bentuk segi empat ini bisa membuat kambing melihat dalam keadaan yang lebih baik saat malam hari. Pupil mata kambing pun bisa mengatur dan membatasi cahaya yang masuk.

Baca juga: 5 Tradisi Unik Perayaan Hari Raya Idul Adha di Indonesia

5. Sapi menghadap utara saat makan

Banyak yang tidak mengetahui ke arah mana sapi saat makan? Jawabannya ialah menghadap ke utara. Hal ini bisa terjadi karena otak sapi memiliki “kompas alami” yang melacak medan magnet bumi dan mengarahkan sapi menghadap utara secara otomatis.

6. Mood mempengaruhi produksi susu sapi

Sejauh ini sapi merupakan penghasil 90 persen susu di dunia. Jika seekor sapi sering mendengarkan musik, maka produktivitas sapi tersebut akan meningkat. Jadi, mood sapi akan mempengaruhi produktivitas sapi menghasilkan susu.

7. Sapi memiliki indera yang tajam

Sapi memiliki pupil segi empat, sehingga mempunyai kemampuan melihat hampir 360 derajat dan bisa melihat warna, kecuali merah. Daya penciumannya pun sangat tajam dan bisa mencium sesuatu yang berjarak 8 km jauhnya. Untuk berkomunikasi sapi menggunakan suara, posisi tubuh, dan ekspresi muka.

8. Sapi mampu berjalan lebih cepat

Sapi mampu berjalan lebih cepat daripada kuda ketika di tanah yang berlumpur. Sapi mempunyai kuku kaki yang lebar sehingga tidak mudah terbenam dalam lumpur. Menaiki tangga ternyata sapi juga bisa, tetapi sapi tidak bisa menuruninya karena lututnya tidak bisa menekuk dan menopang dengan sempurna. (wartainfo.com)

» 4 Kejadian Unik saat Hewan Kurban Idul Adha Akan Disembelih

Category: Tahukah Kamu?, Tradisi BudayaTags:
Jayabet