Ini Alasan Kenapa Harus Matikan Mesin saat isi Bensin

klg asli

berhasil

Motor Terbakar saat Isi Bensin

Wartainfo.com - Pemberitahuan untuk tidak melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) dalam kondisi kendaraan menyala sudah jelas tertulis dalam area SPBU. Namun, imbauan ini acapkali diabaikan oleh sebagian pengendara.

Di setiap SPBU selalu ada tulisan yang berbunyi 'Matikan mesin saat pengisian BBM'. Benarkah perintah tersebut akan mempengaruhi keselamatan? Sebuah video singkat berikut ini akan menjawab semuanya.

Dari pantauan kamera CCTV sebuah SPBU, seorang pengendara motor sedang mengisi bahan bakarnya dengan tetap menyalakan mesin kendaraan. Dengan santai ia menuangkan bensin ke dalam tangki bagian depan motornya. Karena tipe motor seperti itu memiliki leher tangki di bagian dalamnya, jika ia mengisinya tidak dengan perlahan bensin akan terpancar keluar.

Tahukah Anda bahwa kendaraan yang menyala dapat memicu kebakaran? Bensin yang tumpah itu rupanya turun ke bagian kiri motor dekat busi. Busi yang masih bekerja memiliki api yang siap menyambar bensin tersebut.

So, masih sok jagoan dengan tidak mematikan mesin saat mengisi BBM? Simak videonya di bawah ini!

Acin, kepala mekanik Aneka Mitra Bengkel di daerah Kebon Pisang, Jakarta Barat, menjelaskan, jika kendaraan dalam kondisi menyala mengandung banyak aliran listrik.

"Ketika mesin sedang hidup, di dalam kendaraan terdapat banyak sekali aliran listrik. Mulai dari aliran listrik dari aki ke coil, lalu aliran listrik yang melewati kabel busi, sehingga hal ini sangat berbahaya apabila kondisi mesin menyala dan melakukan pengisian bahan bakar," ujarnya.

Acin menambahkan, kecenderungan terjadinya electric static dari belt yang berputar sangat berbahaya, ditambah bila adanya kebocoran dari kabel, serta bunga api dari knalpot.

"Lebih baik mencegah, karena bensin sangat mudah menguap. Kawasan di SPBU itu cukup terkepung oleh uap bensin, sehingga tak boleh ada yang memicu terjadinya percikan api," kata dia lagi menjelaskan. (wartainfo)

Category: Otomotif, Tahukah Kamu?
obat viagra

Jayabet