Suara Mirip Terompet Sangkakala Terdengar di Condet, Warga Anggap itu Biasa

klg asli

berhasil

Suara Terompet Sangkakala di Condet Jakarta Indonesia

Wartainfo.com - Suara gemuruh mirip terompet atau sangkakala di langit Condet, Jakarta Timur menghebohkan dunia maya. Sebuah video berdurasi 19 detik berisi suara gemuruh mirip dengungan sangkakala menjadi viral dan ramai dibicarakan di media sosial Jumat (11/9/2015).

Salah satu video tersebut diunggah ke situs Youtube oleh akun widias dewnatoro pada 10 September 2015 dan sudah ditonton 2.174 viewers. Pengambilan gambar diduga berlokasi di wilayah Condet, Jakarta Timur.

Fenomena suara gemuruh yang disebut suara ini beberapa kali pernah menghebohkan masyarakat karena terjadi di sejumlah negara Eropa.

Namun ternyata hal ini justru membuat warga di sekitar lokasi kejadian mengernyitkan dahi. Pasalnya, mereka menganggap suara tersebut hal yang lumrah dan tidak aneh, apalagi jika banyak dihubungkan dengan suara sangkakala sebagaimana yang pernah terdengar di berbagai belahan dunia.

Nanang (37), seorang warga Condet mengatakan, warga sekitar memang biasa mendengar suara mirip gemuruh sangkakala itu. Namun, dia menolak jika suara tersebut berasal dari langit sehingga terkesan misterius. Namun, menurutnya, suara mirip sangkakala itu justru berasal dari Markas Rindam Jaya yang lumrah digunakan untuk memanggil para prajurit TNI AD.

"Kalau terompet ada juga dari acaranya Rindam (tempat latihan prajurit TNI AD), itu memang kedengaran dan sering juga. Warga sekitar sini mah sudah biasa," kata dia kepada wartawan, Jumat (11/9/2015).

Hal tak jauh berbeda juga diungkapkan oleh Agus (40). Dia mengaku sama sekali tak mendengar adanya suara aneh.

"ā€ˇEnggak tahu ya, ini juga baru dengar beritanya pas pada nanya. Dari pagi saya malah enggak dengar apa-apa," sebutnya.

Pria asli Condet itu menduga surat tersebut berasal dari dengungan pesawat terbang. Terlebih, lokasi tempat tinggalnya dekat dengan Bandara Halim Perdanakusuma.

"Ini kan lokasinya juga dekat Bandara Halim, hampir setiap hari pesawat melintas di atas rumahnya," tuturnya.

Penjelasan LAPAN tentang Suara mirip Sangkakala di Condet

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Prof Thomas Djamaluddin membantah jika suara mirip sangkakala atau yang bikin heboh media sosial di Condet, Jakarta Timur adalah suara yang berasal dari alam.

Dia menduga, suara tersebut berasal dari benda lokal atau buatan manusia. Benda itu bisa sebuah terompet atau yang lainnya seperti suara pesawat yang tengah berkeliling sebelum landing.

"Suara itu dari buatan manusia, bukan suara dari (mulut) manusia. Saya enggak tahu sengaja atau tidak karena ketidaktahuan itu. Kalau di Condet itu mirip suara pesawat yang sedang berkeliling sekitar langit, tak kelihatan karena terutup awan," ungkap Thomas, di Jakarta, Jumat (11/9/2015) malam.

Diketahui, sebuah video berdurasi 19 detik berisi suara gemuruh mirip dengungan sangkakala menjadi viral dan ramai dibicarakan di media sosial. (wartainfo.com)

Lihat disini: Video Suara MIsterius Mirip Terompet 'Sangkakala' di Condet Jakarta Bikin Heboh

Category: Berita PeristiwaTags:
Jayabet