4 Pesawat Jet Tempur Tercanggih Milik TNI AU Indonesia Saat ini

klg asli

berhasil

Jenis Pesawat Jet Tempur Tercanggih TNI AU Indonesia Saat ini

Pesawat Jet Tempur Paling Canggih TNI AU Indonesia - TNI Baru saja melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-70 yang puncaknya dilakukan di Banten. Tidak tanggung-tanggung, sekitar 155 Pesawat TNI AU diterjunkan dalam upacara tersebut.

Lebih lanjut, apakah Anda pernah bertanya-tanya pesawat tempur paling canggih apa saja yang sudah dimiliki Indonesia hingga tahun 2015 ini? Dikutip wartainfo.com dari merdeka, Simak selengkapnya di bawah ini!

1. T-50i Golden Eagle

Foto Gambar T-50i Golden Eagle Pesawat Jet Tempur TNI AU Indonesia Paling Canggih Saat ini

Pesawat tempur buatan Korea Aerospace Industry (KAI) ini sangat mirip dengan F-16 Fighting Falcon. Pesawat yang dibeli tahun 2014 ini memang kerap dipakai sebagai pesawat latih sebelum menggunakan F-16.

Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan 1.600 km per jam. Sosoknya terlihat ramping dengan spesifikasi panjang 43 kaki, lebar sayap 31 dan tinggi 16 kaki.

T-50i juga mampu mengusung persenjataan seberat 10.500 pound. Termasuk gatling gun tiga laras yang bisa menyemburkan 2.000 peluru per menit serta aneka rudal dan roket.

Kecanggihan T-50i semakin lengkap dengan keberadaan sistem avionik digital dan Radar Warning Recievers (RWR). Dua teknologi itu memungkinkan T-50i untuk mendeteksi kedatangan musuh dari segala arah.

T-50i versi pesawat latih dicat biru terang dengan strip berwarna kuning. Sementara versi tempur, dicat hijau dan abu-abu seperti F-16 block 52 ID yang didapat dari AS.

Baca juga: 5 Jenis Pesawat Tempur Tercanggih Paling Terbaik Milik Negara Rusia di MAKS 2015

2. F-16 Block 52

Photo Pics F-16 Block 52 Pesawat Jet Tempur TNI AU Indonesia Paling Tercanggih Sekarang ini

Indonesia tahun ini akhirnya mengupgrade lini F-16 Block 15 dengan F-16 Block 52ID. Meski dari segi luar nampak sama, namun F-16 Block 52 dapat membawa senjata lebih banyak, mempunyaidaya dorong lebih besar, dan terbang lebih jauh.

Soal teknologi navigasi, F-16 Block 52 menggunakan navigation dan targeting pod untuk operasi malam hari serta misi Supression Of Enemy Air Defence (SEAD).

Tidak ketinggalan, terdapat Improved Data Modem memungkinkan penerbang melakukan komunikasi tanpa suara hanya menggunakan komunikasi data dengan pesawat lain dan radar darat, radar laut atau radar terbang.

Sistem persenjataan pesawat ini juga cukup lengkap. F-16 Block 52 memiliki rudal jarak pendek AIM-9 Sidewinder P-4/L/M dan IRIS-T (NATO) serta rudal jarak sedang AIM-120 AMRAAM-C.

Pesawat ini juga dibekali dengan persenjataan kanon 20 mm, bomb standar MK 81/82/83/84, Laser Guided Bomb, JDAM (GPS Bomb), rudal AGM-65 Maverick, rudal AGM-84 Harpoon (anti kapal), rudal AGM-88 HARM (anti radar).

» 5 Pilot Pesawat Jet Tempur Wanita Terbaik Paling Tercantik di Dunia
» 5 Pesawat Tempur Canggih Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia Saat Ini

Category: Militer, Teknologi
Jayabet