7 Jenis Batik Nusantara Indonesia yang Jarang Diketahui

6. Batik Indramayu

Foto Gambar Jenis Motif Batik Indramayu

Dilihat dari polanya batik Indramayu merupakan tergolong dalam kategori batik pesisir. Batik ini berbeda  dengan batik solo maupun batik yogyakarta.  Merupakan kolaborasi budaya Jawa dan Sunda. Sering dipanggil Batik Dermayon.

Motif batik Indramayu umumnya menggambarkan suasana pesisir, misalnya motif bergambar seseorang nelayan yang sedang mencari ikan di laut. Motif batik Indramayu juga mendapat pengaruh dari china dan Arab, sesuatu yang membuat tampilannya lebih menarik.

Karakter lain dari baik Indramayu yaitu memiliki ciri nuansa flora dan fauna, dengan borgol dan banyak garis lengkung yang lancip (riritan), latar belakang putih dan warna gelap dan banyak titik-titik yang dibuat dengan teknik cocolan jarum, dan bentuk dari isen-isen (sawut) yang pendek dan kaku.

Beberapa motif terkenal dari batik Indramayu adalah motif etong, motif kapal terdampar, motif ganggeng, motif kembang gunda, motif swastika, motif merak ngibing, dan motif kereta kencana. (wartainfo.com)

7. Batik Cirebon

Foto Gambar Jenis Macam Motif Batik Cirebon

Cirebon merupakan sebuah kota dipesisir pantai utara pulau Jawa, di sebelah barat Pekalongan. Dengan posisinya sebagai kota pesisir, batik khas Cirebon juga mempunyai ciri khas yang jauh berbeda dengan jenis batik keraton.

Pada batik Cirebon motif yang terkenal adalah motif Mega Mendung. Motif ini melambangkan pembawa hujan yang di nanti-natikan untuk pembawa kesuburan, serta pemberi kehidupan. Motif ini didominasi dengan warna biru, mulai biru muda hingg biru tua.

Warna biru tua melukiskan awan gelap yang memiliki kandungan air hujan, pemberi penghidupan, sedang warna biru muda melambangkan makin cerahnya kehidupan. Motif ini sedikit banyak terpengaruh oleh budaya Islam bercampur dengan budaya Cina yang dibawa oleh para pedagang dari Tiongkok yang kapalnya bersandar di pelabuhan Cirebon.

Category: Indonesia, Serba - Serbi