Trik dan Cara Mengatasi Susah Tidur “Insomnia”

klg asli

berhasil

Insomnia Susah Sulit Tidur Cara Mengatasinya

Wartainfo.com - Sekitar 30 persen populasi dunia mengalami insomnia "sulit tidur" menurut studi dari Mental Health Foundation. Dikatakan insomnia jika mengalami gangguan sulit tidur minimal tiga malam dalam seminggu. Kesulitan tidur tidak hanya membuat tubuh jadi kurang tidur, tapi juga masalh kesehatan lain seperti depresi, kecemasan, daya tahan tubuh menurun, serta penyakit jantung.

Susah tidur atau Insomnia menjadi "penyakit" yang menghinggapi kaum urban, terutama para pekerja. Sejumlah cara dilakukan agar lepas dari insomnia, seperti mandi air hangat dan menenggak obat tidur agar lekas mengantuk. "Padahal sebenarnya ada cara alami yang bisa dicoba agar kita terbebas dari insomnia," kata kolumnis situs Mirror.co.uk, Kim Jones, seperti dilansir wartainfo.com dari situs tersebut.

1. Tarik napas lewat hidung sebelah kiri

Metode yoga ini disebut bisa mengurangi tekanan darah dan membuat Anda lebih tenang. Terapis tidur holistik, Peter Smith, menganjurkan agar cara itu dilakukan dengan berbaring menghadap kiri.

2. Remas jari-jari kaki

Pakar kecemasan, Charles Linden, menyarankan Anda berbaring telentang, tarik napas lambat, dan remas erat jari-jari kaki seolah sedang mencoba meringkuk kemudian lepaskan pelan-pelan.

3. Cobalah tetap terjaga, karena itu akan membuat pikiran Anda memberontak

Cara ini disebut psikoterapis Julie Hirst sebagai sleep paradox. Coba belalakkan mata. Dengan begitu, Anda akan mengantuk karena lelah.

4. Bikin daftar penyebab Anda cemas

Banyak orang mengidap insomnia karena merasa cemas dan takut ada hal yang belum mereka lakukan sebelum tidur. Jadi ada baiknya Anda tulis dulu apa saja hal yang masih membikin Anda cemas untuk dilakukan esok hari.

5. Tutup mata lalu putar bola mata tiga kali

Ini adalah simulasi agar mengantuk. Sebab, saat tidur, mata Anda biasanya melakukan hal tersebut. Simulasi ini juga memicu pelepasan hormon melatonin, penyebab rasa kantuk.

6. Membayangkan tempat dan pemandangan indah

Ini disebut pengarang buku The Good Sleep Guide, Sammy Margo, bisa membuat Anda lebih rileks.

7. Tekan area dekat alis dan ujung atas hidung

Menekan area dekat alis dan ujung atas hidung selama sekitar 20 detik kemudian lepaskan perlahan dan ulangi dua kali. Lalu duduk di tepi kasur dan tempatkan kaki kanan Anda di lutut kiri. Tekan area di antara jempol kaki dan jari kedua dengan cara yang sama.

Category: KesehatanTags:
Jayabet