4 Jenis Modus Penipuan Melalui SMS dan Telepon, Waspadalah!

klg asli

berhasil

Jenis Modus Penipuan SMS dan Telepon 2015

Modus Penipuan Lewat SMS dan Telepon - Aparat Polda Metro Jaya berhasil membongkar kasus penipuan SMS 'Mama Minta Pulsa'. Tak hanya itu, polisi juga menangkap 14 tersangka, termasuk Effendi yang menjadi otaknya.

Dalam menjalankan aksinya, masing-masing pelaku memiliki peran yang sama, yakni mengirimkan SMS secara acak ke ribuan nomor telepon selular. Proses pengiriman dilakukan dengan cara menggunakan ponsel yang terhubung langsung dengan laptop (SMS caster).

Dari hasil penyelidikan polisi, pelaku pertama berhasil dibekuk pada 31 Oktober lalu di Bandung, Jawa Barat, Sedangkan kelompok lainnya ditangkap dua hari sebelumnya di Cianjur, Jawa Barat.

Para pelaku ini diketahui sering menipu dengan modus 'mama minta pulsa'. Setelah mendapatkan pulsa yang diminta, pelaku akan menjual kembali dengan sistem transfer pulsa.

Namun, kasus-kasus penipuan tak hanya 'mama minta pulsa' saja, masih ada sejumlah cara yang dilakukan pelaku kejahatan untuk menjerat korbannya. Berikut 4 Jenis modus penipuan via SMS dan Telepon. (wartainfo.com)

1. SMS Mama Minta Pulsa

Foto SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Ini adalah jenis penipuan yang sering dilakukan para penjahat dalam menjerat mangsanya. Isinya cukup simpel, di mana korban diminta mengirimkan pulsa kepada 'mama' karena berbagai alasan, entah ditangkap polisi, kena razia hingga kecelakaan.

"Ini mama, tolong isikan pulsa. Mama lagi di kantor polisi. Jangan telepon dulu."

Karena isinya yang dianggap unik, cara penipuan ini semakin terkenal. Guna menutupi jejak, pelaku kemudian mengubah isinya dengan menggunakan bermacam kata-kata.

Misalnya diawali dengan kata bapak, sayang, atau kalimat-kalimat gaul yang memungkinkan seseorang mudah ditipu.

2. SMS Undian Berhadiah

Foto Pics SMS Penipuan Undian Berhadiah

Selain mama minta pulsa, penipuan yang paling sering terjadi adalah undian berhadiah. Biasanya, pelaku mengirimkan SMS di mana calon korbannya telah memenangkan sebuah hadiah istimewa. Tentunya, undian tersebut tak pernah terjadi.

Untuk lebih meyakinkan, para pelaku biasanya mencomot nama-nama dari perusahaan ternama. Bahkan mencantumkan nomor PIN hingga link ke situs palsu yang berisi para pemenang, testimoni hingga alamat palsu.

Ketika jumlah orang yang ditipu berkurang, terkadang para pelakunya sampai menelepon korbannya. Telepon tersebut biasanya dilakukan tengah malam, di mana korbannya dalam keadaan setengah sadar akibat mengantuk atau sedang beristirahat. (wartainfo.com)

Category: Serba - SerbiTags:
obat viagra

Jayabet