5 Kekuatan Senjata Militer Tercanggih Turki Paling Mematikan

klg asli

berhasil

Kekuatan Senjata Militer Berbahaya Tercanggih Paling Mematikan Turki Jika Perang Lawan Rusia

Senjata Perang Canggih Turki Paling Berbahaya Jika Perang Lawan Rusia - Sejak insiden ditembak jatuhnya pesawat bomber Su-24 Rusia oleh jet tempur F-16 Turki di perbatasan Turki-Suriah, hubungan kedua negara semakin memanas. Banyak pihak khawatir kedua negara itu akan terlibat dalam perang terbuka.

Di atas kertas, kekuatan militer Rusia jauh mengungguli Turki. Kekuatan militer Negeri Beruang Merah menempati peringkat kedua menurut daftar yang dilansir Global Fire Power (GFP), sedangkan Turki hanya menduduki peringkat 10.

Meski begitu, di luar statusnya sebagai anggota NATO, Turki memiliki sederet kemampuan tempur dan persenjataan yang harus diwaspadai oleh Rusia. Dilansir wartainfo.com dari The National Interest, Berikut lima senjata canggih paling berbahaya dan mematikan yang dimiliki Turki:

1. Jet Tempur F-16 dan Rudal AIM-120

Foto Rudal AIM-120 Jet Tempur F-1 6 Tercanggih Negara Turki

Dimulai dari andalan angkatan udara Turki (TuAF), F-16 “Fighting Falcon” merupakan jet tempur multiperan yang telah digunakan TuAF sejak pertengahan 1980-an.

Pesawat tempur generasi keempat ini dikenal dengan kemampuannya yang telah teruji selama bertahun-tahun. TuAF dilaporkan memiliki setidaknya 30 unit varian terbaru F-16 tipe Block50+ yang mereka produksi sendiri dengan lisensi dari Amerika Serikat (AS).

Dipasangkan dengan rudal air to air AIM-120 buatan AS, keduanya akan menjadi ancaman berbahaya bahkan di hadapan kekuatan militer Rusia. Kombinasi inilah yang menembak jatuh Su-24 Rusia di perbatasan Suriah baru-baru ini.

Baca juga: » 4 Pesawat Jet Tempur Tercanggih Milik TNI AU Indonesia Saat ini

2. KORAL Radar Jammer

Radar Jamer Kekuatan Senjata Canggih Militer Turki Paling Berbahaya Mematikan

Radar jammer merupakan sebuah senjata yang berfungsi merupakan sistem persenjataan elektronik yang berfungsi untuk mengganggu sistem deteksi, mengacaukan, menipu radar musuh dan mengurangi kapabilitas persenjataan mereka. KORAL adalah sistem radar jammer yang dapat dipindah-pindah.

Sistem ini dilaporkan memiliki jarak efektif hingga 150 kilometer dan dapat mengacaukan sistem radar apa pun baik di darat, laut maupun udara. Kehilangan kemampuan radarnya dapat membuat militer Rusia menjadi tidak awas dan mudah diserang. (wartainfo.com)

Category: Militer, Teknologi
Jayabet