Anastasia Lin, Wanita Tercantik di Kanada Dilarang Masuk China

klg asli

berhasil

Foto Anastasia Lin Miss World Canada 2015 Tercantik

Wartainfo.com - Anastasia Lin, Ratu Kecantikan "Miss World" Kanada dilaporkan mendapat larangan terbang ke China untuk berkompetisi dalam kontes kecantikan dunia.Pelarangan ini diduga atas alasan politik, sebab Lin merupakan pengkritik keras kebijakan agama dan hak asasi di Cina.

Lin, seorang aktris keturunan China yang dianugerahi mahkota Ratu Kecantikan Kanada pada Mei 2015 mengatakan bahwa Pemerintah China telah menghalanginya bepergian ke kota tepi pantai Sanya untuk mengikuti kontes Ratu Kecantikan Dunia.

Seperti dilansir BBC News, Lin mengatakan pada Jumat (27/11), ia tak bisa menerusakan penerbangannya dari Hong Kong menuju Cina. Pejabat Cina menurut Anastasia Lin mengubunginya dan mengatakan ia tak mendapat izin visa masuk.

Dalam pernyataannya Lin mengatakan, pelarangannya masuk diduga akibat Cina berusaha mencegahnya berbicara isu-isu hak asasi manusia. Lin yang pindah ke Kanada saat berusia 13 tahun merupakan pengkritik keras kebijakan agama di Cina dan pengikut kelompok meditasi, Falun Gong, yang dilarang Partai Komunis pada 1999.

Kumpulan Photos Pic Anastasia Lin Wanita Paling Tercantik di Kanada 2015

"Jika mereka mulai menyensor kontes kecantikan, betapa menyedihkannya" kata Lin.

Anastasia Lin mengisahkan, ia yang memenangkan kontes Miss Kanada tak menerima undangan untuk menghadiri kontes Miss World. Kontes kecantikan kali ini digelar di resor tepi pantai di kota Sanya, Cina, pada 19 Desember.

Lin menyalahkan larangan terhadap dirinya memasuki Cina akibat kampanyenya terkait hak asasi manusia. Lin mengatakan pemerintah Cina telah melarang dirinya mengikuti kompetisi karena alasan politik.

"Mereka mencoba menghukum saya untuk keyakinan saya dan mencegah saya berbicara mengenai isu-isu hak asasi manusia," ujar Anastasia Lin seperti dilansir Al Jazeera.

Sebagai anak yang tumbuh di Cina selatan, Anastasia Lin mengatakan ia benar-benar menyadari setiap pelanggaran hak asasi manusia di negara itu. Bahkan ia pernah mengatur untuk pemutaran film propaganda untuk ditonton sesama murid semasa sekolah.

Category: Internasional, NewsTags:
Jayabet