Mitos Bocah Disunat Jin Menurut Medis, ini Penjelasannya

klg asli

berhasil

Fenomena Mitos Anak Bocah Disunat Jin Menurut Medis

Wartainfo.com - Di indonesia sebagian besar masyarakatnya masih banyak yang meyakini hal-hal mistis. Anda mungkin pernah mendengar atau membaca berita adanya anak laki-laki dengan organ penis yang mendadak berubah seperti habis disunat. Masyarakat menyebut fenomena tersebut sebagai "disunat jin".

Dalam dunia kedokteran, hal itu sebenarnya merupakan kondisi parafimosis. Kondisi ini terjadi ketika kulit kepala penis tertarik ke belakang, dan tidak bisa dikembalikan ke posisi semula (batang penis).

Masyarakat biasanya justru bersyukur jika anaknya mengalami fenomena "disunat jin" karena tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk sunatan.

Seperti dilansir wartainfo.com dari healthkompas, Menurut dr Muhammad Zaien, justru anak yang mengalami parafimosis harus segera disunat.

"Kalau tidak disunat, (kulit kepala penis) bisa menjepit leher penis sehingga aliran darah terganggu. Kalau jepitannya kuat, anak bisa kesakitan," kata dokter dari klinik Rumah Sunatan ini.

Zaein menjelaskan, parafimosis biasanya terjadi pada anak laki-laki yang mengalami fimosis parsial sehingga kepala penis tidak bisa kembali ke posisi semula.

"Biasanya itu sudah bawaan sejak lahir. Karena kulit yang terbentuk kecil, maka saat ereksi atau ada tekanan, kulit akan terdorong ke belakang," paparnya.

Oleh karena itu, anak laki-laki yang mengalami parafimosis sebaiknya harus segera dibawa ke dokter. (wartainfo.com)

Category: KesehatanTags:
Jayabet