8 Cara Menenangkan Bayi yang Rewel dan Menangis Terus

klg asli

berhasil

Cara Mendiamkan Menenangkan Atasi Hentikan Bayi yang Menangis

Wartainfo.com - Sebagai orang tua terkadang kita tidak tahu penyebab mengapa bayinya menangis, sehingga bingung apa yang harus dilakukan untuk menenangkannya.  Pada usia yang masih sangat kecil, cara komunikasi yang bisa digunakan bayi terhadap orang lain adalah dengan menangis.

Masalah-masalah seperti lapar, popok yang basah, atau posisi tidur yang tidak nyaman merupakan penyebab seorang bayi jadi menangis. Tetapi jika ternyata bayi menangis tanpa terjadi masalah-masalah tersebut, maka hal jadi satu kebingungan tersendiri bagi orang tua. Dikutip dari detik dan merdeka, berikut ini  tips 8 cara menenangkan bayi yang sedang menangis dan rewel terus.

1. Ayun-ayunkan bayi

Cara yang paling sering digunakan oleh banyak orang untuk menenangkan bayi adalah dengan mengayun-ayunkan bayi ketika sedang digendong. Cara ini paling mudah digunakan dan dapat dilakukan di mana saja.

Seorang dokter anak bernama Kristie Rivers mengungkapkan bahwa cara ini cukup efektif karena menggoyang dan mengayunkan tubuh bayi dapat memperlambat detak jantung mereka dan membuat otot-otot menjadi lebih santai. Selain itu kondisi tubuh yang bergoyang-goyang juga mampu mengalihkan perhatian bayi dari tangisan.

2. Nyalakan lagu

Sama seperti goyangan, lagu juga dapat menjadi salah satu cara untuk menenangkan tangisan bayi. Lagu ini dapat berupa nyanyian yang Anda lantunkan pada bayi ataupun musik yang dimainkan dari televisi, handphone atau sumber lainnya.

Lagu disebut dapat menenangkan sistem saraf bayi, memperlambat detak jantung dan paru-paru bayi. Lagu ini terutama lebih efektif jika berupa nyanyian langsung dari orang tua bayi karena terdengar familiar pada telinga mereka.

3. Matikan lampu

Salah satu cara yang juga cukup mudah untuk menenangkan bayi yang sedang menangis adalah dengan mematikan lampu dari ruang tempat bayi berada. Ketika lampu tersebut dimatikan, maka tidak lama kemudian tangisan bayi akan segera reda.

Cahaya dan suara yang didengar oleh bayi pada kehidupan sehari-hari dapat membuat mereka menjadi cenderung rewel. Pada mulanya, bayi telah terbiasa dengan kondisi gelap dan tenang ketika dalam kandungan. Dengan kondisi yang gelap dan tenang ini maka mereka dapat menjadi tenang secara lebih cepat.

4. Buat suara lain untuk mengalihkan perhatian

Suara-suara yang cukup bising dan konstan seperti pada alat penyedot debu atau keran yang menyala dapat membuat bayi berhenti menangis. Suara-suara tersebut dapat menarik perhatian bayi dan membuat mereka berhenti menangis.

Selain itu, Dr. Rivers menyatakan bahwa suara yang muncul tersebut sama dengan yang didengarkan oleh bayi ketika berada di dalam kandungan. Hanya saja pastikan bahwa suara tersebut tidak terlalu kencang dan dekat dengan bayi atau yang terjadi malah bayi Anda mengalami masalah pendengaran.

5. Pindah posisi bayi

Memindah bayi pada sebuah lokasi atau tempat yang berbeda dapat membuat bayi menjadi berhenti menangis. Sekedar memindahkan bayi dari kamarnya menuju ruang keluarga atau tempat lain sudah cukup untuk membuat bayi berhenti menangis.

Perubahan ini dapat membangkitkan rasa ingin tahu bayi terhadap berbagai hal baru di sekitarnya dan menjadikannya berhenti menangis.

6. Usap perutnya

Mengusap perut bayi dengan lembut bisa membantu bayi merasa tenang. Atau sesekali beri dia gelitikan sambil mengajaknya bermain juga bisa menghentikan tangisnya.

7. Membelai rambutnya

Yang perlu Anda lakukan ketika bayi menangis kencang adalah coba belai kepalanya dengan lembut. Hal ini akan membantu bayi Anda merasa tenang secara langsung.

8. Perlihatkan muka lucu

Ketika Anda menunjukkan muka lucu ke si kecil, tangisnya bisa saja berhenti dan dia justru malah tertawa melihat kelucuan wajah Anda.

Nah itulah tips dan cara mudah untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. Orang tua memang harus selalu tahu alasan mengapa bayinya menangis. Tetapi ingat sebelum melakukan delapan hal tersebut periksa dulu bayi Anda, siapa tahu dia menangis karena popoknya sudah basah atau ia merasa lapar. (wartainfo.com)

» Inilah Alasan Mengapa Bayi Tidak Boleh dan Jangan Dicium oleh Orang Asing

Category: KesehatanTags:
Jayabet