5 Racun Mematikan Paling Berbahaya Yang Bisa Membunuh Manusia

klg asli

berhasil

Racun Paling Mematikan dan berbahaya Bagi Manusia

Jenis Racun Paling Berbahaya di Dunia - Tanpa disadari beberapa jenis racun bisa ditemui dan pada kadar tertentu dapat menyebabkan kematian yang membuat nyawa melayang karena sulitnya memberikan pertolongan. Berikut ini racun yang bisa mematikan.

Terdapat beberapa zat yang diketahui memiliki efek beracun yang bisa menyebabkan kematian. Zat yang paling dikenal beracun adalah arsenik, sianida tetrodoksin dan racun botulisme. Berikut ini beberapa jenis racun paling berbahaya dan mematikan yang bisa bikin nyawa melayang, seperti dilansir wartainfo.com dari Science.org.au:

1. Sianida

Racun Sianiida Paling berbahaya dan Mamatikan Bisa Membunuh Manusia

Sianida terkadang masih suka digunakan di pertambangan untuk mengekstraksi emas dan perak. Hal ini yang masih menjadi kontroversi terhadap keselamatan pertambangan emas dan perak, karena kebocoran sianida bisa mempengaruhi kesehatan manusia dan makhluk hidup disekitarnya.

Sianida merupakan racun yang berpotensi mematikan, karena zat ini membuat tubuh tidak dapat menggunakan oksigen untuk mempertahankan tubuhnya. Zat ini bisa berbentuk gas seperti hidrogen sianida atau dalam bentuk kristal seperti potasium sianida atau sodium sianida.

Gas sianida dapat diserap melalui inhalasi (paru-paru), kulit atau ingesti (mulut menuju perut) dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Jika zat ini masuk ke dalam tubuh bisa menghambat kerja enzim, mengganggu penggunaan oksigen oleh sel dan dapat menyebabkan kematian sel. Pada dosis tertentu, zat ini dapat menyebabkan kematian dalam waktu 15 menit saja akibat kekurangan oksigen.

Racun sianida belakangan ini menjadi perbincangan karena jejaknya ditemukan dalam segelas kopi yang diduga menewaskan seorang perempuan muda di Jakarta, Wayan Mirna Shalihin (27). Dilaporkan, Wayan Mirna mengalami kejang dan mulut berbusa setelah mengomsumsi kopi tersebut.

Baca juga: Mengenal Racun Sianida yang Diduga Jadi Penyebab Tewasnya Wayan Mirna Shalihin

2. Arsenik

Racun Arsenic Paling Berbahaya yang Mematikan dan Membunuh Manusia

Zat lain yang juga populer digunakan untuk kejahatan adalah arsenik yang merupakan unsur paling umum ke-20 di kerak bumi. Arsenik terjadi dalam berbagai bentuk, tapi zat ini akan sangat beracun apabila sebagai ion terutama jika bereaksi dengan kandungan sulfur dari enzim tertentu.

Seseorang yang terpapar zat ini dalam dosis yang tidak mematikan, kedepannya dapat menyebabkan keracunan kronis dan karsinogenik (zat penyebab kanker). Karenanya arsenik menjadi perdebatan terhadap keselamatan pekerja di industri yang masih menggunakan arsenik seperti insektisida, ekstraksi bijih timah dan tembaga.

Gejala-gejala keracunan arsenik akut dapat terjadi dalam dua bentuk. Pertama mengakibatkan kelumpuhan parah yang dapat terjadi dalam waktu 1-2 jam dan biasanya sering ditandai dengan tanda-tanda mengigau atau kegilaan. Sedangkan yang kedua dalam gangguan pencernaan seperti mual, sakit kepala, nyeri hebat, muntah dan diare.

Zat arsenik dapat mematikan dengan cara merusak sistem pencernaan orang tersebut sehingga menyebabkan kematian karena shock. Jika berada dalam bentuk unsur, maka arsenik tidak berbahaya. Tapi jika dalam bentuk oksidanya yaitu arsen dioksida, maka bersifat racun yang berbentuk serbuk putih serta larut dalam air.

Category: KesehatanTags:
Jayabet