Fenomena Anak Muda Hamil Duluan Baru Menikah Dapat Picu KDRT

klg asli

berhasil

Cewek Remaja Hamil Duluan Sebelum Nikah Sinta Jojo

Wartainfo.com - Hamil duluan sebelum nikah, dilarang dalam ajaran agama. Usia remaja dianggap belum matang untuk mengarungi bahtera rumah tangga. Seperti yang diperkirakan, jika usia remaja menikah, perceraian pun marak terjadi.

Fenomena remaja menikah karena terlebih dulu hamil, dinilai Sosiolog, Drs Haryanto dapat menimbulkan beberapa efek negatif. Salah satunya yaitu Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), baik ke anak maupun istri.

Ini dibuktikan dari fakta besarnya angka perceraian berbanding lurus dengan jumlah pasangan remaja yang menikah karena terlebih dulu hamil.

“Mereka ini secara psikologis belum matang, mereka seharusnya masih diperhatikan orang-tuanya. Itulah kenapa KDRT sering terjadi, khususnya untuk pasangan remaja itu yang berujung perceraian,” kata lulusan Universitas Diponegoro ini seperti dikutip dari tribunnews.

Menurut observasinya di tahun 2013, fenomena remaja hamil di luar nikah dikarenakan kurangnya perhatian dari keluarga. Pun rata-rata, remaja yang hamil di luar nikah itu berasal dari keluarga yang tergolong broken home, atau dari keluarga yang orangtuanya tak memiliki waktu untuk memperhatikan anaknya.

“Kalau opsi kedua. Biasanya itu orangtuanya pulang malam, dan tidak ada waktu untuk memperhatikan anaknya. Bahkan 43% dari 71 responden, sang anak melakukan seks dengan pasangannya di rumah. Ini kan dampak dari sang orangtua tidak memperhatikan sang anak, sehingga adabnya hilang,” tuturnya.

Haryanto menjelaskan, solusi untuk mengatasi fenomena ini yang paling efektif adalah dengan meningkatkan pengawasan dan perhatian ke sang anak. Selain itu, para orangtua sebaiknya menanamkan pengetahuan agama ke sang anak sejak kecil. (wartainfo.com)

Category: Gaya HidupTags:
obat viagra

Jayabet