Foto Istri ‘Ngangkang’ di Facebook, PM Kamboja Buru Penyebarnya

klg asli

berhasil

Foto Hun Sen dan Bun Rany Perdana Menteri Kamboja

Wartainfo.com - Sebuah foto hasil editan yang dalam waktu singkat tersebar di media sosial menunjukkan Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen yang sedang berlibur mengenakan baju kasual berpose dengan cucu dan istrinya, Bun Rany.

Di foto asli, Bun Rany sebetulnya berdiri biasa. Tapi dalam foto yang menurut pemerintah Kamboja sudah diedit, tampak ibu negara yang sedang memakai celana jenis legging warna oranye itu posisi kakinya mengangkang.

Posisi kaki Bun Rany dianggap tidak sopan bagi kebanyakan warga Kamboja yang konservatif. Hun Sen kebakaran jenggot melihat istrinya diolok-olok di jejaring sosial.

Karena itu Hun Sen melaporkan akun Facebook penyebar foto palsu tersebut bernama 'Haknuman Leung' ke polisi. Tak cuma memaksa akun penyebar foto ditutup, politikus sudah berkuasa 31 tahun di Kamboja ini sampai melapor ke Organisasi Polisi Internasional (Interpol). Akun Haknuman Leung kabarnya dimiliki seorang warga Kamboja yang tinggal di luar negeri.

Foto Pose Mengangkang Bun Rany Istri Presiden Kamboja

Foto Pose Mengangkang Bun Rany, Istri Presiden Kamboja yang sudah diedit

"Tindakan sang pemilik akun Facebook ini merusak harkat dan martabat ibu negara," kata Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri, Jenderal Khieu Sopheak, seperti dilansir Russian Times, Kamis (21/1).

Kepolisian Kamboja sangat serius berupaya menangkap warganya yang di luar negeri itu. Bahkan, muncul selentingan jika akun Haknuman leung dimiliki oleh kelompok oposisi yang berpandangan ekstrem.

Hun Sen, yang sudah cukup lama menguasai Kamboja bersama Partai Rakyat Kamboja (CPP), mulai tidak disukai anak muda di negara miskin Asia Tenggara itu. Buat merebut simpati pemilih muda, Hun Sen sejak September 2015 membuat akun Facebook resmi.

Tapi, Hun Sen sangat alergi kritik, sehingga dia menyatakan akan mencari siapapun yang menghinanya di jejaring sosial. Tahun lalu mahasiswa di Ibu Kota Pnom Penh yang menulis di Facebook agar rakyat melakukan revolusi, segera ditangkap oleh polisi. (wartainfo.com)

Category: Internasional
Jayabet