Jajanan Anak Mirip Alat Kontrasepsi Kondom Diperiksa, ini Hasilnya!

klg asli

berhasil

Jajanan Anak Sekolah Mirip Alat Kontrasepsi Kondom

Wartainfo.com - Jajanan anak bernama "Kotak Kado" yang di dalamnya terdapat benda menyerupai kondom pertama kali ditemukan di Pekayon, Bekasi Selatan. Namun, kini jajanan tersebut tidak lagi ditemukan di lingkungan sekolah-sekolah.

Rupanya, kepolisian dari Polsek Bekasi Barat sudah menarik jajanan tersebut dari peredaran, khususnya di Pekayon. Sekarang, kawasan Pekayon sudah steril dari benda tersebut. (Baca: Jajanan Anak Sekolah Mirip Kontrasepsi Kondom Beredar di SD Bekasi)

"Untuk meredam kekhawatiran, sudah kita tarik. Sekarang kalau dicari lagi sudah enggak ada," ujar Kepala Polsek Bekasi Selatan Komisaris Jayadi.

Jayadi mengatakan, polisi sudah berkeliling untuk memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada pedagang agar tidak menjual barang itu. Polisi juga sudah melakukan penyuluhan di sekolah-sekolah yang disebut menjadi lokasi peredaran jajanan Kotak Kado itu.

Selain itu, Polsek Bekasi Selatan juga menyebarkan lembar pengumuman kepada warga. Di lembar pengumuman itu, polisi meminta warga segera melapor jika menemukan kembali jajanan Kotak Kado berisi benda menyerupai kondom itu.

Ketua Divisi Sosialisasi KPAI Erlinda mengatakan, dia bersama timnya sudah menelusuri beberapa lokasi untuk memeriksa jajanan "Kotak Kado" berisi kondom. Ternyata, tidak semua Kotak Kado tersebut berisi kondom.

"Kita ada laporan di dua tempat yaitu Pekayon dan Kranji. Di sana kita sudah dapatkan, isinya beda-beda," kata Erlinda di Polsek Bekasi Selatan, dilansir Kompas.com, Senin (25/1/2016).

Erlinda mengatakan sidak sempat dilakukan di daerah Jakarta Timur. Jajanan serupa ditemukan di sana namun tidak berisi kondom. Erlinda menunjukkan Kotak Kado yang dia temukan berisi mainan parasut plastik, kartu bergambar, dan yang lain.

Jenis makanan yang ada di kotak tersebut juga tidak selalu susu, adapula bungkusan kecil mie. Namun, Erlinda mengatakan, jajanan ini tetap harus diawasi. Sebab, tidak menutup kemungkinan jajanan semacam ini beredar di wilayah lainnya.

"Sebab secara kasat mata, mainan ini tidak layak untuk anak-anak terutama benda berbentuk kondom itu berbahan plastik yang berpotensi mengandung zat kimia buruk, susunya pun tidak higienis," ujar Erlinda.

Erlinda hari ini datang ke Polsek Bekasi Selatan untuk berkoordinasi terkait masalah ini. Dia telah meminta kepada polisi untuk menelusuri sumber produk tersebut sampai kepada pabriknya. Hal itu bukan hal mudah, sebab tidak ada nama perusahaan yang memproduksi jajanan itu di bungkusnya.

BPOM: Plastik Elastis di "Kotak Kado" Jajanan Anak Bukan Kondom

Foto Gambar Kotak Kado Jajanan Anak Mirip Alat Kontrasepsi Kondom

Menurut Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta Suratmono, plastik elastis yang ada dalam Kotak Kado bukanlah kondom.

"Saya tegaskan, ini bukan kondom," ujar Suratmono di BPOM DKI Jakarta, Senin (25/1/2016).

Suratmono menuturkan, plastik elastis itu cuma sebuah mainan serupa balon. Hanya saja, sejumlah netizen di media sosial menyebutnya sebagai alat kontrasepsi atau kondom.

"Lagi pula, ukuran plastiknya hanya sebesar jari," kata Suratmono.

Meski begitu, Suratmono mengaku tidak bisa berkomentar banyak. Sebab, ia hanya fokus pada penanganan makanan di dalam Kotak Kado.

"Kalau saya hanya konsentrasi pada makanannya, memastikan bahwa makanan di dalam Kotak Kado itu ilegal atau tidak," ungkap dia.

Jajanan Kotak Kado dikemas dalam sebuah kardus kotak bergambar tokoh kartun anak-anak, seperti karakter dalam film Angry Birds, Frozen, dan Winnie The Pooh.

Jajanan ini dinilai meresahkan karena di dalam kemasannya terdapat benda yang mirip dengan alat kontrasepsi, yakni kondom. Di dalam kardus tersebut juga terdapat susu cair yang dikemas di dalam plastik bertuliskan "Susu Mas Moccacino".

Cara mengonsumsinya dengan memasukkan susu dari kemasan plastik ke dalam wadah mirip kondom tersebut, lalu diminum layaknya minum susu dengan dot. (wartainfo.com)

Category: Berita Peristiwa, News
obat viagra

Jayabet