Jessica Wongso Tersangka Kasus Pembunuhan Mirna, Ini Kronologi Penangkapannya

klg asli

berhasil

Foto Jessica Kumala Wongso Tersangka Kasus Pembunuhan Mirna Salihin

Wartainfo.com - Setelah melalui proses yang cukup lama, Penyidik Subdit Jatanras Dit Reskrimum Polda Metro Jaya akhirnya telah menetapkan Jessica Kumala Wongso sebagai tersangka kasus kematian Wayan Mirna Salihin (27). Jessica merupakan salah satu saksi tewasnya Wayan Mirna Salihin.

Polisi menangkap Jessica Kumala Wongso di Hotel Neo, Sabtu 30 Januari 2016 pagi sekitar pukul 07.45. Polisi menduga Jessica adalah pihak yang bertanggung jawab dalam kasus kematian rekan satu kampusnya di Australia, Wayan Mirna Salihin (27), Rabu 6 Januari 2016.

Jumat malam, polisi menerbitkan surat pencegahan kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Artinya, Jessica dilarang untuk bepergian ke luar negeri. Pencegahan dilakukan untuk 20 hari ke depan.

Direktur Reserse dan Kriminal Umum (Direskrimum) Kombes Krishna Murti mengatakan, penyidik menetapkan Jessica sebagai tersangka pada Jumat malam pukul 23.00 WIB.

Butuh waktu tidak sedikit jelang penetapan Jessica Wongso sebagai tersangka kasus Mirna. Gelar perkara dilakukan usai magrib, atau selepas Krishna bertemu dengan jaksa peneliti di Kejati DKI Jakarta. Tidak hanya penyidik.

"Tadi malam kami melakukan gelar perkara sejak habis magrib sampai 23.00 WIB. Hasilnya yang dihadiri para penyidik, Propam, para ahli, kami yakin dengan alat bukti yang kami miliki. Maka yang bersangkutan tadi malam kami tingkatkan sebagai tersangka," ujar Krishna di Polda Metro Jaya, Sabtu (30/1/2016).

Baca juga: Kebohongan Jessica Kumala Wongso Menurut Ayah Wayan Mirna Salihin

Pasca penetapan tersangka, penyidik langsung memantau gerak-gerik Jessica. Salah satu yang dipantau adalah kediaman dia dan orangtuanya di Sunter, Jakarta Utara.

"Hasil pemantauan kami, yang bersangkutan sudah tidak berada di rumah, tidak diketahui di mana. Kami ada tim surveillance (pemantau)," ujar Krishna.

Sabtu tengah malam, sekitar pukul 00.00 WIB, kata Krishna, pihaknya menerbitkan surat penangkapan. Dan akhirnya, penyidik menemukan jejak Jessica dan orangtuanya di Hotel Neo, Mangga Dua, Jakarta Utara.

Jessica yang mengenakan kaos biru dongker langsung diboyong penyidik perempuan ke Polda Metro Jaya. Sesuai prosedur penangkapan, petugas langsung memeriksa kesehatan Jessica. Serta, dilanjutkan pemeriksaan Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

"Di BAP pertama ditanya apakah yang bersangkutan dalam kondisi sehat jasmani. Itu didampingi Bidokkes Polda Metro," kata Krishna.

Berikut Kronologi Penangkapan Jessica Kumala Wongso:

1. Jumat 29 Januari 2016 Pukul 23.00 WIB polisi menetapkan Jessica Wongso sebagai tersangka kasus Mirna. Status tersangka diketahui dari informasi percakapan dengan Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti

2. Setelah penetapan sebagai tersangka, polisi menuju ke rumah Jessica di RT 14 RW 02, Graha Sunter Permata, Blok J 1, Sunter Agung, Jakarta Utara. Namun yang bersangkutan tak ditemukan di rumah

3. Sekitar pukul 00.00 WIB, Jessica yang dihubungi Liputan6.com mengaku menginap di hotel untuk menghindari wartawan

4. Polisi akhirnya menemukan Jessica tengah menginap di Hotel Neo, Mangga Dua, Jakarta Utara

5. Jessica kemudian dijemput paksa oleh polisi pukul 07.45 WIB.

6. Jessica Wongso digelandang ke Mapolda.

Category: Berita Peristiwa, NewsTags:
Jayabet