Tiga Jenis Penyakit Mata Paling Berbahaya Yang Bisa Sebabkan Kebutaan

klg asli

Macam Jenis Penyakit Mata Paling Berbahaya yang Menyebabkan Kebutaan

Wartainfo.com - Kita terkadang sering lupa untuk merawat kesehatan mata. Padahal mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita.

Karena itu sudah sewajarnya jika mata, seperti anggota tubuh lain, diperhatikan dan dijaga kesehatannya sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Selain gangguan mata seperti mata minus, plus, atau silindris, ada beberapa penyakit mata yang berbahaya karena dapat menyebabkan kebutaan. Berikut adalah beberapa jenis penyakit mata paling berbahaya yang dapat menyebabkan kebutaan:

1. Retinoblastoma

Mungkin bagi anda, penyakit ini terdengar cukup asing. Tetapi penyakit ini merupakan penyakit mata yang berbahaya karena disebabkan oleh tumor ganas yang tidak hanya dapat menyerang mata namun juga menjalar ke daerah tubuh lainnya. Penyakit ini, ditulis oleh Coolhealthtips, banyak ditemui pada anak-anak dan salah satu penyebab utamanya adalah faktor keturunan.

Ciri awal penyakit ini antara lain adalah bintik berwarna putih keruh atau kuning yang muncul di bagian pupil. Tidak hanya dapat menyebabkan kebutaan, penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian.

2. Glaukoma

Glaukoma adalah salah satu kasus yang paling banyak menyebabkan kebutaan. Penyakit ini disebabkan oleh meningkatnya tekanan yang ada di area mata.

Glaukoma dibagi menjadi dua, yakni glaukoma kronik yang perkembangannya terjadi secara perlahan-lahan, dan glaukoma akut yang terjadi secara mendadak. Glaukoma akut memiliki beberapa gejala seperti nyeri pada bagian mata dan penglihatan yang menjadi buram. Jika tidak segera ditangani, glaukoma dapat menyebabkan kebutaan pada penderitanya.

3. Katarak

Katarak adalah penyakit nomor satu yang menyebabkan kebutaan dari dulu hingga saat ini. Gejala awal penyakit ini adalah penglihatan penderitanya seolah berkabut karena penyakit ini disebabkan oleh munculnya keburaman pada lensa mata.

Penyakit ini tidak hanya banyak menyerang orang tua, namun juga anak-anak dan jika tidak segera ditangani, biasanya melalui operasi, akan dapat menyebabkan penderitanya menjadi buta. (wartainfo.com)

Category: Kesehatan
Jayabet