5 Senjata ‘Alutsista’ Tercanggih Paling Mematikan China Yang Disegani Amerika

klg asli

berhasil

Senjata Alutsista Tercanggih Paling Mematikan Milik China yang Ditakuti Amerika Serikat

Senjata Paling Berbahaya Milik China Dalam Menjaga Laut China Selatan - Manuver Beijing terbaru memicu keresahan dari negara-negara di sekitar Laut China Selatan. Satelit Taiwan menyatakan sejak 14 Februari militer RRC mengirim beberapa set peluru kendali jarak menengah dan sistem radar ke Pulau Woody, salah satu lahan reklamasi yang dibuat China.

Tindakan tersebut membuat Amerika Serikat, yang berusaha merebut simpati sekutunya di Asia dan menangkal pengaruh Beijing, meradang. Pentagon menuding China memiliterisasi kawasan. "Tindakan militerisasi ini merisaukan semua pihak," kata Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, seperti dilansir BBC, Sabtu (20/2).

Kecaman turut dilontarkan pemerintah Vietnam dan Filipina, yang bersengketa langsung dengan Beijing terkait beberapa blok perairan kaya gas di Laut China Selatan.

Dikecam kanan-kiri, Beijing balik menyerang lawan-lawan politiknya untuk isu Laut China Selatan. Menteri Luar Negeri China, Hong Lei, menuding AS rajin memprovokasi negara-negara Asia agar memusuhi pihaknya. Presiden Barack Obama pekan lalu dalam KTT ASEAN-AS, secara terbuka mengajak negara-negara sekutunya menolak didekte oleh Tiongkok untuk isu batas wilayah di Laut China Selatan.

Lebih jauh lagi, patroli kapal AS mendekati Kepulauan Spratly tahun lalu yang diduduki oleh China, dianggap sebagai provokasi, memicu situasi keamanan kawasan goyah. Selain kapal perang jenis frigat, AS diketahui sudah menyiagakan pesawat pembom B-52 di Pangkalan Okinawa, Jepang, kalau-kalau eskalasi konflik meningkat.

Baca juga: 5 Jenis Pesawat Jet Tempur Tercanggih Paling Terbaik dan Berbahaya Milik China

Kendati begitu, Deutsche Welle menyatakan perang seharusnya dihindari oleh AS, mengingat armada perang Tiongkok kini urutan ke-3 di dunia. Ketika Negeri Paman Sam baru dalam tahap memobilisasi persenjataan, China akan lebih cepat menyiagakan alutsista di perairan kaya sumber daya alam itu.

Apa saja alutsista yang sekarang ini telah disiagakan Negeri Tirai Bambu buat menjaga perairan Laut China Selatan seandainya benar-benar muncul konflik? Dikutip wartainfo.com dari Merdeka, Berikut ini lima senjata alutsista tercanggih paling berbahaya dan mematikan milik china yang ditakuti oleh Amerika Serikat:

1. Kapal Induk Liaoning

Gambar Liaoning Kapal Induk Terbesar Paling Tercanggih Milik China

Ini adalah kapal induk yang dikembangkan atas kerja sama China-Rusia, tapi awalnya untuk pembangunan kasino terapung dekat Makau. Belakangan, Liaoning dirombak ulang menjadi kapal tempur. Di Rusia, kapal ini disebut kelas Kuznetsov.

Kapal yang dibangun sejak era Uni Soviet ini mampu mengangkut 30-40 jet tempur dan mulai berdinas di AL China empat tahun lalu.

Kapal Induk Liaoning diperkuat dengan mesin berkekuatan 20 ribu tenaga kuda. Saat berlayar, kapal ini bergerak dengan kecepatan 32 knot atau 59 km per jam dan menempuh perjalanan sejauh 3.850 nautical miles atau 7.130 km.

Untuk mendukung kekuatan udaranya di kawasan tersebut, Liaoning dapat mengangkut sejumlah pesawat terbang, khususnya buatan negeri sendiri. Antara lain 24 unit pesawat tempur Shenyang J-15, 6 unit helikopter Changhe Z-18, 4 unit helikopter Ka-31, dan 2 unit helikopter Harbin Z-9.

Kabarnya China kini sedang membangun dua kapal induk lainnya. Liaoning selama beberapa bulan terakhir bersiaga di sekitar Laut China Selatan.

Category: Militer, Teknologi
Jayabet