Kerudung Zoya Bersertifikat Halal MUI, Netizen: Emang Ada Hijab Haram?

klg asli

berhasil

Kerudung Zoya Bersertifikat Halal MUI

Wartainfo.com - Brand busana muslim Zoya membuat heboh banyak pihak setelah mengumumkan bahwa koleksi kerudungnya telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Lewat Instagram, brand di bawah naungan PT Shafco tersebut mengunggah foto yang menampilkan tulisan dengan judul 'Kerudung Bersertifikat Halal Pertama di Indonesia' dan Laudya Chynthia Bella sebagai brand ambassador-nya. Banyak netizen menanggapinya dengan skeptis dan kritis.  Tak sedikit netizen yang  menuding bahwa kerudung halal hanya strategi bisnis dari Zoya.

Di akun Instagram resmi Zoya, @zoyalovers, terdapat poster pengumuman yang bertuliskan, "Kerudung bersertifikat halal pertama di Indonesia. Tahkuah Anda? yang membedakan antara kain yang halal dan haram adalah penggunaan emuslifer pada saat pencucian kain tersebut, untuk produk halal bahan pembuatan emuslifernya menggunakan tumbuhan sedangkan untuk yang tidak halal emuslifernya menggunakan gelatin babi."

Lantaran pengumuman Zoya tersebut, netizen heboh perihal status halal untuk kerudung. Dibeberapa sosial media sepert Twitter, banyak netizen yang skeptis dan kritis terhadap kerudung halal.

Foto Gambar Poster Kerudung Zoya yang Bersertifikat Halal MUI

Foto Poster Kerudung Zoya yang Bersertifikat Halal MUI dengan Laudya Chynthia Bella sebagai brand ambassador-nya.

Salah satunya pengguna akun dengan nama Puad Hasan yang menulis, "Ribet bin lebay. Menurut Anda, setelah kerudung halal, lalu baju koko halal?"

Ada pula pengguna akun Lintang Tunju Manik yang menulis, "Kerudung halal pertama di Indo? Oh jadi selama ini berjuta-juta wanita di sini pakai kerudung haram? Gosh, MUI...."

"Kalau ada dikotomi hijab tidak halal maka akan merembet ke semua yang nempel di badan. Baju ampe bra. Islam ga serumit itu deh," komentar salah satu pengguna Twitter @falla_adinda.

Akun Twitter lainnya, @pemudamerah juga menulis, "Hijab pertama yang mendapat sertifikasi Halal dari MUI. Baru tau, ternyata ada hijab HARAM."

Sementara di akun Instagram @zoyalovers, beberapa followers juga menuliskan pendapatnya di kolom komentar. "Emang ada yang nggak halal," tulis pemilik akun @budiruswanti.

Lalu, tak sedikit netizen yang tidak ragu melontarkan komentar sarkastis, mempertanyakan apakah uang untuk membeli kerudung halal adalah uang halal atau haram?

Tata menulis, "Sampe uang buat beli kerudungnya ditelusuri dapet dari mana. #halaljangannanggung."

Menanggapi hal tersebut, Sigit Endroyono selaku creative director dari Shafira Corporation mengatakan, "Shafco telah berusia 27 tahun dan sertifikasi halal ini adalah wujud tanggung jawab perusahaan untuk melindungi konsumen muslimah,".

"Zoya memberikan kepastian dan perlindungan terhadap konsumen Zoya agar mendapat hijab yang terverifikasi kehalalannya, dalam hal ini proses pembuatan kainnya," jelasnya, seperti dilansir dari Kompas.com.

Selain itu, Sigit juga menjelaskan jika sertifikasi halal ini adalah salah satu upaya pemenuhan dari Undang Undang no. 33 ayat 14 perihal jaminan produk halal. (wartainfo.com)

Category: News, Wanita
Jayabet