Video Mengerikan Latihan Dopper Ekstrem TNI Kopassus Berpeluru Asli Hebohkan Dunia

klg asli

berhasil

Foto Video Latihan Dopper Mengerikan TNI Kopassus Marinir

Wartainfo.com - Salah satu media online terbesar di Inggris Daily Mail dan beberapa media lain sekitar bulan Desember 2015 yang silam memberitakan video latihan dopper anggota TNI yang diduga dari kesatuan Kopassus.

Mereka menarik perhatian media asing karena menggunakan peluru tajam asli saat latihan. Ekstrem! Di Indonesia, sorotan media asing tersebut menjadi viral.

Menurut media-media tersebut, latihan tersebut cukup ekstrem. Ada enam orang yang merangkak di tengah area berlumpur. Kemudian mereka dihujani tembakan dari sisi atas oleh dua pelatih bersenjata laras panjang. Dar! der! dor! Peluru tajam meluncur di sisi kanan dan kiri para prajurit.

Belum jelas di mana video itu diambil. Namun diyakini para prajurit yang berlatih adalah tim Kopassus, pasukan elite khusus dari Indonesia.

Jajaran TNI membenarkan adanya latihan dengan peluru asli tersebut. Bahkan latihan dopper berpeluru tajam hampir dilakukan di sejumlah kesatuan. Terutama satuan elite.

Selain Kopassus, ada juga tim dari Korpaskhas dan Korps Marinir yang melakukan hal serupa. Dalam video saat mereka berlatih dopper, latihan tersebut memang ekstrem. Peluru tajam bertebaran di mana-mana saat para prajurit melakukan dopper.

Lihat juga:
» 5 Keahlian Khusus Anggota Prajurit TNI Kopassus
» 6 Jenis Ilmu Beladiri Terbaik yang Digunakan Pasukan Khusus "Elite' di Dunia
» 3 Anggota Prajurit Wanita TNI Kopassus Cantik Indonesia

Dalam sebuah latihan dopper, diskenariokan pasukan TNI yang siap siaga menyerang musuh. Namun, tanpa diduga musuh ternyata lebih dulu menyerang. Pasukan pun merayap menghindari serangan yang bertubi-tubi. Hujan peluru musuh tidak menyurutkan nyali pasukan TNI. Mereka berbalik menyerang meski harus merayap di atas tanah berlumpur. Skenario ini disebut dopper.

"Ini untuk siswa yang masih baru. Ini rutin tiap tahun ada. Untuk prajurit, setiap tiga bulan sekali, untuk memelihara mental dan daya tempur prajurit. Untuk yang di batalion rutin," kata Kadispen Korps Marinir Letkol Marinir Suwandi, dikutip dari detikcom, Kamis (11/2/2016).

Video yang dilansir Daily Mail tadi menjadi viral dan heboh di YouTube. Banyak yang berkomentar terlalu ekstrem, namun tak sedikit yang mendukungnya karena bagian dari tes mental dan ketahanan fisik prajurit. Karena itu, cukup membanggakan.

Di jejaring sosial YouTube, beredar sejumlah video latihan dopper dari kesatuan lainnya. Semua menjadi daya tarik tersendiri bagi para netizen.

Di antara kesatuan yang berlatih dopper menggunakan peluru tajam, ada Korpaskhas dan Korps Marinir. Untuk Korps Marinir, video dokumentasi latihan dopper saat berlangsung di Karang Tekok, Situbondo, Jawa Timur.

Tim juga kadang berlatih di Lampung Padangcermin, Piabung serta di puslatpur Purboyo, Pantai Selatan Malang. Sebetulnya, tidak ada lapangan khusus dopper, namun tim bisa membuat arena tersebut, dalam waktu singkat bila diperlukan.

Kadispen Korps Marinir Letkol Marinir Suwandi mengatakan, latihan dopper ditujukan untuk siswa baru dan dilakukan setiap tahun. Bagi prajurit Marinir, mereka wajib melakukannya setiap tiga bulan sekali.

Menurut Suwandi, penggunaan peluru tajam bertujuan agar para prajurit terbiasa menghadapi situasi sebenarnya. Sebab, jika tidak terbiasa, maka mereka akan gugup bila saatnya pertempuran tiba.

"Prajurit itu sengaja dihadapkan di hal-hal yang menantang dan berbahaya. Dengan catatan terjamin keselamatannya. Nggak asal-asalan nembaknya," terangnya. (wartainfo)

Category: Foto Video, MiliterTags:
Jayabet