5 Kutipan Dialog Film Terkenal Indonesia Paling Populer Sepanjang Masa

klg asli

berhasil

Kutipan Dialog Film Indonesia AADC Terkenal Populer Sepanjang Masa

Wartainfo.com - Sejumlah dialog film yang begitu lekat di benak penontonnya dan dapat menjadi sebuah fenomena sosial, lantas direproduksi ulang dalam percakapan sehari-hari di masyarakat.

Akademisi dan penggiat film Amerika, yang bergabung dalam American Film Institute, bahkan mengumpulkan seratus kutipan film Hollywood berpengaruh yang tak lekang oleh masa. Contohnya saja kutipan dialog, "Frankly, my dear, I don't give a damn," yang terdapat dalam film Gone With the Wind, yang berada di urutan pertama.

Sayangnya, upaya yang sama tak begitu terdengar di Indonesia. Namun, bukan berarti film Indonesia lantas kekurangan kutipan dialog legendaris. Untuk menyemarakkan Hari Film Nasional yang jatuh hari Rabu (30/3/2016), ada baiknya kita mengumpulkan kutipan dialog film Indonesia paling diingat sepanjang masa.

Parameternya, orang-orang dari generasi berbeda hapal atau setidaknya familiar dengan petikan dialog film-film berikut ini. Termasuk juga Anda. Tak percaya? Dikutip dari liputan6, berikut ini lima Kutipan Dialog Film Indonesia Terkenal Paling Populer Sepanjang Masa;

1. "Jadi Salah Gue, Salah Temen-Temen Gue?" - Film Ada Apa dengan Cinta (AADC)

Foto Kutipan Dialog FIlm AADC Rangga dan Cinta Paling Terkenal Sepanjang Masa

Bila pasangan ikonik untuk remaja era tahun 1980-an adalah Galih dan Ratna, maka generasi milenial punya Rangga dan Cinta. Dua tokoh film Ada Apa dengan Cinta yang dimainkan oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini, begitu melekat di benak penonton. Termasuk dialog keduanya.

Salah satunya, adalah dialog "Jadi salah gue, salah temen-temen gue" yang diucapkan Cinta pada Rangga.

Dialog ini, terucap kala di tengah pertandingan basket, Rangga menarik Cinta untuk berbicara empat mata mata dengannya. Namun, Rangga merasa Cinta malu terlihat berbicara dengannya di depan umum. Cinta yang menganggap Rangga menjelekkan teman-temannya, merasa berang, dan terlontarlah kalimat 'sakti' ini. (wartainfo.com)

2. "Darah Itu Merah, Jenderal" - Film Penghianatan G30 S PKI

Gambar Foto Film G30 S PKI Movie Kutipan Dialog Film Indonesia Terkenal Paling Terpopuler

Satu film 'wajib tonton' bagi mereka yang melewati masa kecil dan remaja di era tahun 1980-an adalah Penumpasan Pengkhianatan G30 S PKI. Karena film yang disutradarai oleh Arifin C. Noer ini wajib diputar tiap tanggal 30 September, tak heran bila sejumlah dialog dalam film ini begitu menancap di benak penonton.

Meski beredar di masyarakat dengan kutipan, "Darah itu merah, Jenderal," namun itu bukan dialog yang persis diucapkan dalam film. Dialog film yang sebenarnya, adalah "Darah itu warnanya merah, Jenderal. Seperti amarah."

Kalimat ini ditampilkan dalam adegan penyiksaan, saat sejumlah anggota PKI memaksa para jenderal untuk menandatangani surat yang menyebut keberadaan Dewan Jenderal.

Ada kutipan lain yang begitu diingat dalam film ini yakni,  "Jawa adalah Kunci." Kutipan ini muncul saat PKI mengadakan rapat, yang menyebutkan bahwa posisi Pulau Jawa sangat krusial untuk keberhasilan sebuah gerakan.

Category: Film MovieTags:
Jayabet