Ini Tiga Tips Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Total 2016

klg asli

Foto Kacamata Khusus Untuk Melihat Gerhana Matahari Total Secara Langsung

Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Total Secara Langsung, Fenomena alam langka gerhana matahari total diperkirakan akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Namun hanya bisa terlihat selama 3 menit di 12 provinsi di Indonesia seperti di Sumatera Selatan, Kalimantan, dan Sulawesi. Langit di pagi hari yang tiba-tiba berubah gelap karena gerhana matahari total ini akan menjadi pemandangan yang menarik dan indah untuk diamati.

Fenomena langka ini bisa dinikmati oleh siapapun. Namun yang perlu diperhatikan saat sedang proses terjadinya gerhana. Tidak disarankan melihat secara langsung matahari saat sedang proses menuju gerhana.

Kamu pasti sering mendengar kabar gerhana matahari berbahaya dan bisa bikini mata buta kalau dilihat hanya dengan 'mata telanjang.' Pasalnya, sinar UV B yang langsung mengarah ke matamu bisa membuat indra penglihatanmu rusak. Sebuah media nasional menulis, melihat gerhana matahari langsung juga bisa membuatmu katarak.

Baca juga:
» 5 Tradisi Paling Unik di Indonesia Sambut Gerhana Matahari Total
» Mitos Gerhana Matahari Total Pada Jaman China Kuno

Hal ini disebabkan karena sinar matahari yang dihalangi bulan akan memancarkan cahaya yang tajam ke arah mata. Nah, sinar yang tajam ini bisa membakar makula. Makula merupakan pusat penglihatan yang terletak pada retina mata. Karena berbahaya, banyak orang yang lebih memilih untuk mengabadikan momen jarang ini menggunakan kamera.

Tapi, rasanya kurang afdol kalau kamu hanya melihatnya dari sebuah gambar, meskipun itu hasil jepretanmu sendiri. Dikutip wartainfo.com dari Bintang.com, Berikut ini tiga tips cara aman untuk melihat gerhana matahari total 2016 secara langsung.

1. Berkaca Pada Genangan Air

Foto Gambar Cara Aman Untuk Melihat Gerhana Matahari dengan Baskom Air

Kamu mungkin sering mendengar berbagai cara aman agar sinar matahari saat gerhana total tak merusak mata. Kebanyakan, orang menggunakan kaca mata khusus untuk melindungi mata.

Tapi, tahukah kamu ada cara yang lebih murah dan klasik selain kaca mata? Yaitu melalui genangan air di dalam baskom yang diletakkan di bawah bayangan matahari. Selain aman, cara ini juga bikin kamu tampil keren dan sangat klasik!

Category: Berita Peristiwa, News, TipsTags:
Jayabet