Tujuh Hal Mitos Unik Saat Terjadi Gerhana, Untuk Ibu Hamil Tidak Boleh Keluar?

klg asli

Mitos Unik Gerhana Matahari Total dan Bulan Untuk Bagi Ibu Hamil

Wartainfo.com - Fenomena alam langka seperti gerhana matahari total (GMT) maupun bulan jarang terjadi. Dalam waktu dekat, tepatnya 9 Maret 2016 kita akan melihat fenomena alam gerhana matahari total. Terlebih ada banyak daerah di Indonesia bisa melihat gerhana total, mulai dari Bengkulu hingga Sofifi.

Pada 1983, Indonesia juga disambangi gerhana matahari di 12 provinsi. Siapapun tentunya tak mau melewatkan momen langka yang belum tentu bisa disaksikan lagi sepanjang usia kita bukan?

Terdapat banyak hal-hal unik yang biasa terjadi pada saat gerhana yang memang tidak bisa lepas dengan cerita rakyat dan mitos yang berseliweran. Mulai dari dampak yang dirasakan hewan hingga bagi mereka yang menggemari fenomena alam. Sseperti dikutip laman listverse, berikut ini tujuh hal unik dan mitos ketika terjadi gerhana;

1. Kebingungan Pada Hewan

Hewan amat dekat dengan kondisi alam. Saat terjadi perubahan, mereka akan mengalami kebingungan. Hewan-hewan yang biasanya tidur pada malam hari, ketika dunia berubah menjadi gelap membuat mereka bersiap-siap tidur di siang hari.

Sementara hewan-hewan malam mulai tergugah untuk bangun dan bergerak. Hal tersebut terjadi dengan cepat, gerhana matahari biasanya terjadi hanya beberapa menit.

Namun, tak semua hewan mengalami hal tersebut. Ada juga yang dengan tenang menikmati perubahan ini.

2. Menghindari Berhubungan Seksual Saat Gerhana

Pada abad pertengahan, sebagian masyarakat Eropa meyakini berhubungan seksual saat gerhana bulan memberikan efek buruk. Menurut mereka, anak yang diproduksi pada saat terjadi gerhana bulan sifatnya dipengaruhi setan.

Lalu, ada juga yang meyakini agar ibu hamil menghindari menyentuh area perut pada saat terjadi gerhana bulan. Jika ibu melakukannya, anak lahir dengan tanda lahir.

3. Saat Gerhana, Bagi Ibu Hamil Jangan Keluar Rumah Agar Bayinya Tidak Terlahir Cacat?

Mitos yang sempat dipercayai oleh orang Indian yakni ibu hamil tidak boleh keluar rumah saat terjadi gerhana matahari maupun bulan agar bayinya tak lahir cacat; ibu hamil tak boleh menggunakan pisau untuk memotong apapun saat terjadi gerhana atau anaknya akan lahir dengan bibir sumbing; atau ibu hamil yang menyentuh perutnya ketika gerhana sedang berlangsung akan melahirkan bayi dengan tanda lahir. Mitos seperti itu sebenarnya datang dari mana sih?

Mitos dan takhayul tentang ibu hamil dan gerhana itu dahulunya, seperti yang dilansir oleh babble.com, berasal dari India. Saat itu para wanita berusaha agar tak melahirkan saat gerhana karena ada kepercayaan bahwa anaknya nanti akan mengalami kesulitan hidup jika lahir tepat saat gerhana bulan terjadi.

Baca juga:
» 3 Cara Aman Untuk Melihat Gerhana Matahari Total 2016
» 5 Mitos Mistis Gerhana ' Bulan Purnama Merah' di Belahan Dunia
» 5 Tradisi Saat Terjadi Gerhana Matahari Paling Unik di Indonesia

Di kalangan medis, keinginan untuk mempercepat atau menunda kelahiran untuk menghindari gerhana itulah yang justru berbahaya bagi ibu dan juga bayinya.

Mitos kepercayaan suku Aztec bahwa gerhana gigitan pada wajah bulan maupun matahari, jika ibu hamil melihatnya, hal serupa akan menimpa bayinya yaitu terbelahnya langit-langit mulut atau sumbing. Untuk perlindungan, dia harus membawa sesuatu yang terbuat dari logam. Percaya?

Dilansir dari huffingtonpost., belum ada bukti yang pasti yang membuktikan bahwa gerhana memiliki dampak fisik pada tubuh manusia. Meskipun memang tak ada bukti ilmiah kenapa ibu hamil tak boleh keluar rumah melihat gerhana bulan maupun matahari, namun mitos tersebut masih saja dipercaya oleh masyarakat di hampir seluruh belahan dunia.

Category: Aneh dan Unik, Misteri Mistis MitosTags:
Jayabet