3 Dinosaurus Raksasa Terbesar di Dunia Yang Pernah Hidup di Bumi

klg asli

berhasil

Gambar Dinosaurus Raksasa Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah Yang Pernah Ada

Dinosaurus Paling Terbesar di Bumi, Dinosaurus adalah kelompok hewan purbakala dari klad Dinosauria. Dinosaurus pertama kali muncul pada periode Trias, sekitar 230 juta tahun yang lalu, dan merupakan vertebrata dominan selama 135 juta tahun, yang dimulai sejak periode Jura (sekitar 201 juta tahun yang lalu) hingga berakhirnya periode Kapur (65 juta tahun yang lalu), dan kemudian musnah akibat peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen sebelum Era Mesozoikum seperti dilansir wikipedia.

Studi terhadap fosil dinosaurus menunjukkan bahwa spesies burung berevolusi dari dinosaurus theropoda selama periode Jura. Lebih dari 9.000 spesies burung adalah jenis dinosaurus vertebrata yang paling beragam, selain perciform ikan. Kebanyakan di antaranya adalah herbivora, sedangkan yang selebihnya adalah karnivora. Terdapat beberapa spesies dinosaurus yang ukurannya melebihi yang lain.

1. Supersaurus vivianae - Dinosaurus Terpanjang

Foto Gambar Supersaurus vivianae Dinosaurus Raksasa Paling Terpanjang yang Pernah Hidup di Bumi

Awalnya Sauroposeidon proteles dipercaya sebagai dinosaurus terpanjang, panjang dinosaurus ini 17 meter. Baru kemudian berdasarkan penemuan fosil baru, terungkaplah bila dinosaurus itu adalah yang terpanjang adalah Supersaurus vivianae.

Ilmuwan memperkirakan berdasarkan tulang belakang Supersaurus vivianae, panjang dinosaurus ini mencapai 34 meter. Bila berdiri, dinosaurus ini bisa setinggi gedung 4 lantai lebih.

Supersaurus vivianae hidup sekitar 153 tahun lalu. Spesies ini dulu banyak hidup di lembah yang kini menjadi Amerika Utara. (wartainfo.com)

2. Argentinosaurus - Dinosaurus Paling Berat

Foto Gambar Argentinosaurus Dinosaurus Paling Terberat Sepanjang Masa di Dunia

Bila Supersaurus vivianae adalah yang perpanjang, Argentinosaurus menyabet gelar dinosaurus paling berat yang pernah diketahui manusia. Berapa bobotnya?

Jangan kaget, sebab satu Argentinosaurus dewasa bisa tumbuh sampai bobot 100 ton. Para ilmuwan memprediksi bila berat Argentinosaurus berkisar 60-100 ton saat pertama kali menemukannya tahun 1990 lalu.

Argentinosaurus berjalan di Bumi 94-97 tahun lalu, tepatnya di zaman Kapur atau Kretasius. Fosil dinosaurus ini ditemukan oleh Guillermo Heredia di Argentina.

3. Titanosauria - Dinosaurus Paling Terbesar di Dunia?

Foto Gambar Dinosaurus Paling Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah Yang Pernah Hidup di Bumi

Argentina sekali lagi menjadi tempat penemuan sebuah fosil dinosaurus raksasa. Fosil tulang paha dinosaurus yang disebut Titanosauria ini lebih tinggi dari manusia dewasa. Oleh sebab itu, ilmuwan memperkirakan panjang total dinosaurus ini sampai 40 meter, dengan tinggi 20 meter.

Berat dinosaurus ini adalah 77 ton, atau sama dengan 14 ekor gajah Afrika. Bobot dinosaurus ini juga disebut dapat lebih berat dari Argentinosaurus. Dinosaurus misterius ini diperkirakan hidup di akhir zaman Kapur atau kurang lebih 95 juta tahun lalu.

Fosil raksasa dinosaurus ini ditemukan di sebuah kebun di gurun 250 kilometer barat Patagonia. Penggalian fosil tersebut dilakukan oleh paleontolog Museum Paleontologi Egidio Feruglio yang dipimpin oleh Dr. Jose Luis Carballido dan Dr. Diego Pol. (wartainfo.com)

Category: Hewan Binatang, Serba - Serbi
Jayabet