3 Jenis Kelompok Hacker ‘Peretas’ di Dunia yang Perlu Kamu Tahu

klg asli

berhasil

Pics Gambar Macam Jenis Kelompok Hacker Cracker Peretas di Dunia White Black Grey Hat

Macam-Macam Kelompok Peretas, Hacker adalah seseorang yang memiliki kemampuan pada komputer dan sistem jaringan, kemampuan standar yang dimiliki seorang hacker adalah core programming dan network specialist. Hacker merupakan pengguna komputer yang mampu masuk kedalam sistem komputer melalui jaringan, baik untuk keperluan monitoring (melihat sistem), copying (pengambilan/pencurian data), atau crashing (merusak sistem komputer) targetnya.

Dalam kasus Apple vs FBI beberapa waktu lalu, badan investigasi Amerika itu berhasil membobol sistem keamanan iPhone berkat bantuan seorang 'grey hat' hacker.

Tentu orang penasaran apa itu grey hat hacker, apakah mereka berbahaya atau tidak, mengingat iPhone adalah smartphone yang digunakan oleh jutaan orang. Oleh karena itu, pertama perlu dicamkan bila tidak selamanya hacker itu melakukan tindakan-tindakan ilegal.

Hacker pada dasarnya adalah mereka yang berusaha mengeksploitasi kelemahan di sistem komputer atau jaringan. Seperti banyak hal lain di dunia, kegiatan eksploitasi ini tentu didasari oleh banyak alasan. Alasan-alasan itu lah yang membuat hacker dibagi dalam 3 kelompok, 'White Hat', 'Grey Hat', dan 'Black Hat'. (wartainfo.com)

1. Hacker White Hat

Foto gambar Kelompok Jenis Peretas Hacker White Hat

Hacker yang tergabung dalam kelompok ini adalah mereka yang meretas keamanan sebuah sistem tanpa melakukan tindakan yang mungkin membahayakan sistem dan semua yang ada di dalamnya. Kebanyakan kelompok hacker ini adalah pakar keamanan internet atau ilmuwan.

Mereka melakukan aksi peretasan untuk mengetes seberapa kuat sebuah jaringan atau sistem keamanan, termasuk menciptakan sistem keamanan itu sendiri. Apabila menemukan sebuah kerentanan di sistem, mereka biasanya akan langsung melaporkannya ke pihak pengembang agar bisa segera diperbaiki.

Ada juga mereka yang dengan sengaja mengikuti program-program sayembara dari berbagai jenis perusahaan yang operasinya bergantung pada internet. Hacker-hacker ini akan mendapat bayaran tertentu bila menemukan kerentanan atau bug pada sistem.

Baca juga:
» 4 Hacker Terhebat Paling Ditakuti yang Terkenal dalam Sejarah di Dunia
» Hacker Wanita Cantik Seksi ini Ancam Keamanan Perusahaan dengan High Heels

2. Hacker Black Hat

Gambar Pics Kelompok Jenis Peretas Hacker Black Hat

Semua hacker yang ada di bawah bayang-bayang 'Black Hat' adalah penjahat siber. Mereka menggunakan kemampuannya untuk mengeksploitasi kelemahan sebuah sistem untuk keuntungan pribadi.

Kebanyakan hacker Black Hat akan meretas sistem untuk menghancurkan, mengubah, atau mencuri data yang ada. Dari sini mereka menciptakan virus atau malware untuk membantu usaha hacking, termasuk mendapatkan uang.

Contohnya adalah virus ransomware yang dapat mengunci komputer, dan untuk membukanya si pemilik harus membayar tebusan pada si hacker. Lebih parahnya lagi, hacker Black Hat sering menjual data curian lewat Dark Web.

3. Hacker Grey Hat

Foto Pictures Kelompok Jenis Peretas Hacker Grey Hat

Hacker Grey Hat bisa diibaratkan layaknya 'Robin Hood', mereka melakukan hacking demi kepentingan publik dan juga diri sendiri. Mereka sering menyerang perusahaan atau pemerintah untuk kemudian mempublikasikan data curiannya ke publik, misalnya Panama Papers beberapa waktu lalu.

Apabila hacker White Hat hanya memberikan pemberitahuan bila menemukan sebuah kerentanan sistem, maka hacker Grey Hat bisa memanfaatkan hal itu untuk mendapatkan uang dari pengembang sistem. Caranya, mereka menawarkan jasa memperbaiki kerentanan setelah menerima bayaran. (wartainfo.com)

Category: internet, TeknologiTags:
Jayabet