Legenda 7 Siluman Wanita Makhluk Misterius dalam Kebudayaan di Dunia

5. Medusa - Mitologi Yunani & Romawi

Foto Natalia Vodianova Pictures Asli Real Medusa Movie Film Makhluk Mitologi wanita cantik yang Mematikan Mengerikan

Medusa si rambut ular merupakan salah satu monster paling terkenal dalam mitologi Yunani. Namanya sering disebut untuk mengkonotasikan wanita yang menyembunyikan kekejaman di balik wajah cantik. Medusa adalah putri dari Phorcys (atau Gorgon) dan Ceto.

Awalnya Medusa adalah seorang wanita cantik jelita dengan rambut indah. Namun Poseidon sang dewa laut menodainya di kuil Athena. Karena marah kuilnya sudah dikotori, Athena menghukum Medusa dengan mengubah rambutnya menjadi sekumpulan ular. Tatapannya bisa membuat siapapun berubah menjadi batu.

Medusa tewas di tangan Perseus. Perseus memenggal kepalanya dan menjadikannya senjata sebelum menyerahkannya kepada Athena. Kepala Medusa kemudian dilekatkan pada perisai Athena, menjadi salah satu senjata tersakti yang pernah dimiliki sang dewi kebijaksanaan.

6. Baba Yaga - Slavia

Foto Gambar Baba Yaga Kisah Cerita Legenda Makhluk Siluman Perempuan di Dunia

Dalam cerita rakyat Slavia, baba yaga digambarkan sebagai makhluk gaib berwujud wanita tua serupa nenek sihir. Tetapi kalau nenek sihir mengendarai sapu terbang, baba yaga berpindah-pindah tempat dengan lesung. Dia tinggal dalam sebuah gubuk aneh yang disangga kaki ayam.

Baba yaga bisa berbuat baik atau buruk kepada manusia. Namun menurut Slavorum, mereka lebih sering digambarkan sebagai nenek jahat yang suka memangsa manusia. Karena itulah, para ibu di Rusia kerap menakut-nakuti anak mereka dengan menyebut nama baba yaga. "Tidurlah dengan tenang atau baba yaga akan datang dan menghukummu," begitu kata para ibu jika anak mereka bandel saat disuruh tidur.

7. Madremonte - Kolombia

Foto Gambar Madremonte Kisah Cerita Legenda Makhluk Mitologi Perempuan di Dunia

Jika kita menyebutnya ibu pertiwi, mungkin warga Kolombia akan menerjemahkannya sebagai madremonte. Namun ibu pertiwi yang ini berwujud roh yang menjaga hutan dan pegunungan. Dia kerap digambarkan sebagai wanita bertubuh besar yang anggun, memakai lumut serta dedaunan sebagai baju dan topi untuk menyembunyikan wajahnya.

Setiap kali madremonte mandi di sungai, banjir dan badai besar melanda. Madremonte pada dasarnya adalah makhluk yang berhati mulia. Namun menurut Colombia.colored, madremonte tak segan menghukum orang-orang yang suka mencuri, merebut lahan milik orang lain, atau berselingkuh dari pasangannya. Dia akan menyesatkan orang-orang jahat itu sampai kelelahan sehingga tak bisa kembali ke rumah. (wartainfo.com)

Category: Misteri Mistis MitosTags: