Mengenal 5 Pasukan Khusus ‘Elite’ Filipina yang Perangi Abu Sayyaf

klg asli

berhasil

Pasukan Khusus Filipina Elite Philippine Army

Wartainfo.com - Filipina menerjunkan sejumlah pasukan khusus (elite) yang dimilikinya dalam upaya pembebasan 18 warga asing yang dijadikan sandera oleh kelompok Abu Sayyaf, tapi bukannya menuai hasil, malah memakan korban. Satu peleton pasukan malah dihabisi ratusan militan dalam pertempuran selama 10 jam.

Hasilnya bikin geleng-geleng kepala, 18 prajurit yang diterjunkan tewas dalam sergapan di daerah perbukitan, empat di antaranya digorok. Sedangkan pasukan yang tersisa mengalami luka cukup parah akibat terjangan peluru yang tiada habisnya.

Padahal, Batalion Khusus Ke-4 cukup kenyang pengalaman melawan gerilyawan semacam Abu Sayyaf. Mereka juga pernah dilatih secara khusus oleh operasi gabungan pasukan khusus AS untuk kawasan Pasifik.

Baca juga:
» 6 Jenis Ilmu Beladiri Terbaik dan Mematikan yang Digunakan Pasukan Khusus "Elite' di Dunia
» 9 Pasukan Khusus Elite Terbaik Yang Dimiliki Indonesia Saat Ini

Meski demikian, Batalion Khusus Ke-4 bukan satu-satunya pasukan elite yang dimiliki Angkatan Bersenjata Filipina atau disingkat AFP. Sebagian besar berkiblat pada militer AS. Dikutip dari Merdeka, Berikut lima nama pasukan khusus Filipina yang diterjunkan melawan teror Abu Sayyaf di selatan negeri itu:

1. Scout Ranger Regiment

Foto Pics Scout Ranger Regiment Philippine Elite Army Pasukan Khusus Filipina

Resimen ini dibentuk pada 25 November 1950, di bawah komando Wakil Kepala Staf AFP dan Menteri Pertahanan Rafael M Ileto. Nama Scout Ranger diambil dari pasukan elite AS, Alamo Scouts dan US Rangers, khusus dibentuk untuk menghadapi gerilyawan Hukbalahap yang terdiri dari unit kecil.

Scout Rangers berperan penting dalam penyerbuan anggota-anggota Front Kebebasan Islam Moro (MILF), dalam pertempuran total melawan barisan militan tersebut. Mereka juga dilibatkan penuh untuk memburu Panglima Abu Sayyaf dan seluruh anggotanya.

Memasuki Abad ke-21, perang gerilya dan terorisme meningkat pesat di Filipina. Untuk menghadapinya, mereka berdampingan dengan Batalion Reaksi Cepat untuk bertanggung jawab menjaga keamanan dalam negeri.

Kendali resimen pasukan khusus ini berada di bawah Philippine Army Special Operations Command (PASOC). Mereka andal melakukan operasi rahasia mulai dari penerjunan, pengintaian dan serangan kilat.

Scout Ranger terdiri atas empat batalion dan satu pendidikan. Jumlah tersebut kembali dibagi menjadi 21 kompi. (wartainfo.com)

2. Naval Special Operations Group

Foto Gambar Naval Special Operations Group Philippine Elite Army Nama Pasukan Khusus Filipina

Seringkali disebut sebagai Navy SEAL Filipina, merupakan unit elite kecil yang dimiliki Angkatan Laut AFP yang dilatih untuk menjalankan operasi khusus, sabotase, psikologi dan perang non-konvensional. Pembentukan pasukan ini banyak terpengaruh dengan sepak terjang Navy SEAL Angkatan Laut AS.

Sesuai namanya, spesialisasinya adalah Laut, Udara dan Darat untuk melakukan pengintaian, pertempuran jarak dekat, penghancuran, intelijen dan operasi bawah air dalam mendukung operasi. Secara bertahap, unit ini mendapatkan tugas tambahan, yakni operasi anti-teroris, utamanya menggempur kekuatan Abu Sayyaf.

Untuk menjadi bagian dari pasukan ini, seluruh anggotanya benar-benar menjalani pelatihan dari program pendidikan Navy SEAL di AS. Salah satu pendidikan yang dijalannya adalah Kursus Operasi Khusus Angkatan Laut tingkat dasar.

Program ini benar-benar menguras mental dan menjadi program wajib bagi seluruh anggota militer Filipina. Di mana kandidat harus berenang sejauh 2 mil dan berlari 10 km setiap harinya. Tak hanya itu, mereka juga harus berenang sejauh 27 kilometer dari Roxas Boulevard di Manila menuju Markas Besar Angkatan Laut Sangley Point tanpa istirahat.

Layaknya Kopaska, mereka menyebut pelatihan itu sebagai 'Hell Week, hingga membuat mereka hanya bisa beristirahat paling lama dua jam setiap pekan. Atas pelatihan itu, hanya 21 orang yang tersisa dari 79 peserta yang ambil bagian dalam perekrutan anggota baru.

Category: Internasional, MiliterTags:
Jayabet