4 Perubahan Puting Susu ‘Payudara’ Wanita yang Paling Sering Terjadi

klg asli

Belahan Dada Puting Susu Payudara Wanita Perempuan Cewek

Wartainfo.com - Puting susu wanita merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari payudara. Jangan salah, meskipun bentuknya kecil, puting menyimpan dampak yang begitu besar bagi kelangsungan hidup wanita. Mulai dari manfaat untuk kegiatan seksual hingga menyusui.

Sepanjang hidup, payudara dan jaringan puting akan berubah dan banyak dari perubahan ini adalah normal. Payudara Anda akan cenderung kehilangan kepadatan sejalan usia dan kehamilan, siklus menstruasi dan obat-obatan yang Anda konsumsi.

Namun demikian, ada juga beberapa perubahan yang mengindikasikan suatu gangguan kesehatan dan artinya Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan payudara Anda tidak terinfeksi atau mengembangkan jaringan kanker. Dikutip dari Healtkompas, Berikut adalah 4 masalah yang dapat dialami puting susu perempuan yang umum terjadi dan penjelasannya.

1. Ruam

Ruam pada puting susu dan sekitarnya mungkin disebabkan oleh sesuatu yang juga dapat menyebabkan ruam di bagian tubuh yang lain.

Ruam juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap produk tertentu seperti sabun, serta psoriasis dan eksim. Keringat berlebihan juga dapat menyebabkan ruam.

Jika ruam berkembang selama menyusui,mungkin itu adalah mastitis atau infeksi jaringan payudara yang sering terbentuk di sekitar puting pada wanita menyusui. Sebagian besar ruam ini, meskipun tidak nyaman, tidak berbahaya dan bisa diobati dengan salep topikal atau antibiotik oral.

Dalam kasus yang jarang terjadi, ruam puting bisa menjadi tanda kanker payudara, jadi penting untuk meminta pendapat dokter tentang ruam puting yang Anda miliki.

2. Cairan Tidak Normal

Cairan tidak normal atau discharge dari puting payudara bisa menakutkan dan memalukan, tapi untungnya, biasanya tidak terkait dengan kanker payudara atau masalah serius lainnya.

Cairan bening atau berdarah dari puting biasanya menandakan semacam infeksi, tapi juga dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu, termasuk pil KB.

Sangat penting untuk bertanya ke dokter tentang cairan tak normal dari puting sehingga dokter dapat memeriksa kemungkinan infeksi. Untuk ibu menyusui, adalah hal yang biasa jika puting mengeluarkan susu di antara waktu menyusui. Anda tidak perlu ke dokter Anda untuk hal ini.

Lihat juga:
» 5 Masalah Kesehatan Puting Payudara yang Perempuan Sering Alami
» 7 Jenis Tipe Bentuk Payudara Wanita, Kecil Hingga Bulat

3. Puting Melunak

Tekstur puting melembut atau melunak adalah sesuatu yang normal pada waktu tertentu dalam siklus menstruasi atau selama kehamilan.

Puting juga melembut jika mengalami gesekan dengan bra olahraga yang tidak pas atau sensitif terhadap sabun tertentu. Temui dokter Anda jika puting Anda menjadi lebih lembut dan sensitif dari biasanya dan Anda tidak dapat menemukan penyebabnya.

4. Puting Berbulu

Banyak wanita menganggap puting berbulu adalah hal yang memalukan, padahal itu sangat alami dan sehat. Puting berbulu juga umum dialami banyak wanita, sehingga Anda tidak sendirian jika Anda mengalaminya.

Jika Anda melihat perubahan pada puting atau payudara yang Anda tidak bisa jelaskan penyebabnya, berkonsultasilah ke dokter segera. Jauh lebih bijaksana bertanya ke dokter untuk masalah kecil, daripada nantinya Anda terpaksa berhadapan dengan masalah serius.

Ingatlah bahwa dokter cenderung dapat melihat masalah sebelum hal yang buruk terjadi, Anda tidak perlu malu atau ragu-ragu untuk mendiskusikan perubahan puting Anda dengan dokter. (wartainfo.com)

Category: Kesehatan, WanitaTags:
Jayabet