Aplikasi Yahoo Messenger (YM) Untuk Desktop Akan Ditutup?

klg asli

berhasil

Aplikasi Yahoo Messenger (YM) Untuk Desktop PC Akan Ditutup 2016

Wartainfo.com - Beberapa waktu lalu Yahoo membawa kabar yang cukup mengejutkan, Aplikasi Yahoo Messenger (YM) untuk desktop/PC, yang sudah menemani netizen selama 18 tahun akan dihentikan layanannya dari 5 Agustus 2016 mendatang.

Hal tersebut dikonfirmasikan langsung oleh Chief Architect Yahoo, Amotz Maimon, akhir pekan lalu. “Kami tak akan lagi mendukung platform lama mulai Agustus 2016," ujarnya.

Apakah itu artinya layanan Yahoo Messenger (YM) akan benar-benar ditutup dan berhenti? Ternyata tidak.

Pada sejumlah pemberitaan, YM disebut bakal "pensiun" selamanya. Padahal, Maimon menegaskan, Yahoo Messenger belum akan "pensiun". Layanan chatting lawas ini hanya berpindah ke layanan baru dengan nama yang sama.

Yahoo Messenger baru tersebut masih bisa diandalkan untuk bertukar pesan. Bahkan, layanan tersebut memiliki beberapa tambahan fitur dan juga tampilan baru. Salah satu fitur barunya disebut sebagai "unsend". Menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa membatalkan pesan yang terlanjur dikirim.

Benarkah Aplikasi Yahoo Messenger (YM) Untuk Desktop For PC akan Ditutup Agustus 2016

Yahoo Messenger versi baru tersebut bisa diakses melalui browser dengan mengunjungi alamat messenger.yahoo.com atau membuka chatting langsung dari dalam Yahoo Mail. Aplikasi Yahoo Messenger juga bisa didapatkan dan diunduh melalui toko aplikasi Android dan iOS.

Bagaimana dengan versi desktop? Yahoo menariknya tidak melupakan versi yang satu ini. Meski akan menghapus versi lawas, Yahoo bakal menghadirkan Yahoo Messenger baru versi desktop.

Artinya, dengan penghentian aplikasi Yahoo Messenger versi lawas, Yahoo ingin "memaksa" pengguna setia layanan tersebut untuk berpaling ke versi baru.

"Kami akan berfokus pada Messenger yang baru untuk memberikan pengalaman terbaik ke pengguna,” tulis Maimon. Hanya saja, saat ini aplikasi desktop Yahoo Messenger baru masih dikerjakan dan belum dirilis.

"Tidak hari ini, tetapi kami sedang mengerjakan untuk membawa aplikasi desktop Yahoo Messenger baru untuk Windows dan Mac," tulis Yahoo. Jadi, jangan ucapkan selamat tinggal dulu kepada Yahoo Messenger. Pasalnya, ia masih tersedia setidaknya untuk saat ini.

Yahoo Messenger sendiri sudah begitu melekat di hati penggunanya. Pasalnya, YM hadir pada era di mana belum banyak layanan pesan instan kala itu. Pertama kali diluncurkan, layanan ini dinamai “Yahoo Pager”.

Tak hanya menutup YM, Yahoo juga menghentikan support layanan Yahoo Recommends, yaitu widget yang bisa digunakan untuk menambahkan konten revelan di situs. Dukungan ini akan mulai tidak aktif per 1 September 2016 mendatang. (wartainfo.com)

Category: internet, Teknologi
Jayabet