Mosques King Fahd, Masjid Indah Terbesar di Amerika Latin

klg asli

berhasil

Foto Mosques King Fahd Argentina Masjid Paling Terbesar di Amerika Latin

Wartainfo.com - Di kawasan Amerika Latin, Islam adalah agama minoritas. Di tiap negara, tidak sampai 1 persen jumlah penduduknya yang Muslim. Ambil contoh di Argentina, dari 50 juta penduduknya hanya 1 juta saja yang memeluk Islam.

Nah khusus di Argentina, ada cerita tersendiri. Di sanalah terdapat masjid yang disebut-sebut terbesar di kawasan Amerika Latin yang bernama Mosques King Fahd yang mampu menampung ribuan jamaah. Lokasinya di Bullrich Ave 55, Ciudad Autonoma, de Buenos Aires.

Masjid tersebut berada dalam satu komplek yang bernama King Fahd Islamic Cultural Center. Dikutip dari dari situs resmi King Fahd Islamic Cultural Center, komplek tersebut dibangun atas prakasa Raja Fahd bin Abdul Aziz Al-Saud yang memerintah Arab Saudi dari tahun 1982 sampai 2005.

Foto Mosques King Fahd Argentina Masjid Paling Terbesar di Amerika Latin

Ceritanya di tahun 1995, Raja Fahd berkunjung ke Argentina dan bertemu dengan presiden Argentina saat itu, Carlos Menem. Dari hasil pertemuannya, sang raja menginginkan pembangunan Islamic Center dan masjid yang besar di Buenos Aires. Islamic Center yang dapat menjadi tempat ibadah sekaligus pembelajaran Islam.

Permintaan tersebut dikabulkan oleh sang presiden, yang langsung menghibahkan tanah seluas 34.000 meter persegi. Lima tahun pembangunan tepatnya di tahun 2000, akhirnya diresmikan King Fahd Islamic Cultural Center. Arsitekturnya mengambil gaya ala Timur Tengah.

Foto Gambar Mosques King Fahd Argentina Masjid Paling Terbesar di Amerika Latin Pics

Kompleknya sangat luas, yang terdiri dari beberapa bangunan. Bangunan utamanya, adalah masjid Mosques King Fahd yang mampu menampung 1.200 jamaah pria dan 400 jamaah wanita.

Selain masjid, ada ruang perpustakaan dengan koleksi 10 ribu buku, auditorium, kantor, dua bangunan sekolah dasar dan menengah dengan total 16 ruangan, kelas untuk belajar bahasa Arab, tempat makan untuk 120 orang, asrama yang mampu menampung 50 orang, laboratorium dan taman. Tak heran, King Fahd Islamic Cultural Center pun disebut sebagai pusat pembelajaran Islam terlengkap di Amerika Latin!

Foto Mosques King Fahd Argentina Masjid Paling Terbesar di Amerika Latin

King Fahd Islamic Cultural Center juga terbuka untuk umum, yang mana pengunjung umum dapat masuk dan melihat kegiatan-kegiatan di dalamnya. Hampir setiap hari, ada kegiatan seperti pembelajaran Al Quran dan hadist, bahasa Arab dan tentu saja salat 5 waktu yang dilakukan secara berjamaah. Ada bazar juga lho!

Di bulan Ramadan ini, King Fahd Islamic Cultural Center lebih ramai lagi. Lebih banyak kegiatan keagamaan seperti tadarus dan salat tarawih berjamaah, serta buka puasa dilakukan setiap hari. Jamaah Muslim pun bisa beritikaf di masjid dan mendapat menu sahur. (wartainfo.com)

Foto Mosques King Fahd Argentina Masjid Paling Terbesar di Amerika Latin

Category: Bulan Suci Ramadhan, Khazanah Islami
Jayabet