Wajib Tahu! Ini 12 Jenis Vaksin yang Dipalsukan dan Beredar Luas

klg asli

berhasil

Vaksin Palsu Untuk Bayi Balita Beredar, Waspadalah!

Wartainfo.com - Beredar luasnya vaksin palsu di sarana kesehatan resmi cukup meresahkan masyarakat. Terlebih penggunaan vaksin palsu ini menyasar pada para bayi di Indonesia.

Kepolisian terus menelusuri kasus pembuatan vaksin palsu wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Menurut Pelaksana tugas Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bahdar Johan Hamid, sejauh ini ada 12 jenis vaksin yang dipalsukan.

Pelaku memalsukan vaksin yang diproduksi oleh PT. Biofarma, PT. Sanofi Grup, PT Glaxo Smith Kline (GSK).

"Kami bentuk tim, yaitu Badan POM dengan tiga perusahaan farmasi tersebut untuk mengidentifikasi keaslian produk vaksin di lapangan yang diduga palsu," kata Bahdar dalam jumpa pers di Gedung BPOM, Jakarta, Selasa (18/6/2016) seperti dilansir dari Healkompas.

Berikut 12 jenis vaksin yang dipalsukan tersebut.

1. Vaksin Engerix B

2. Vaksin Pediacel

3. Vaksin Eruvax B

4. Vaksin Tripacel

5. Vaksin PPDRT23

6. Vaksin Penta-Bio

7. Vaksin TT

8. Vaksin Campak

9. Vaksin Hepatitis

10. Vaksin Polio bOPV

11. Vaksin BCG

12. Vaksin Harvix

Bahdar mengungkapkan, tahun 2013 perusahaan farmasi GSK pernah melaporkan adanya pemalsuan vaksin produksi GSK. Menurut Bahdar, laporan tersebut sudah ditindaklanjuti dan telah diproses hukum.

Tahun 2016, BPOM juga menerima laporan dari PT Sanofi mengenai adanya peredaran vaksin produksi sanofi yang dipalsukan. Menurut Bahdar, selama ini BPOM telah melakukan pengawasan serius dan ketat untuk produk vaksin mulai dari proses produksi hingga sampai ke masyarakat.

Terkait munculnya kasus vaksin palsu saat ini, Bahdar mengatakan pihaknya telah meminta seluruh balai atau balai besar POM untuk melakukan pemeriksaan dan penelusuran terhadap kemungkinan adanya vaksin palsu. (wartainfo.com)

Category: KesehatanTags:
Jayabet