10 Fakta Unik Harimau Sumatera yang Menarik Diketahui

klg asli

berhasil

Foto Harimau Sumatera Putih dan Loreng di Alam Liar

Wartainfo.com - Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) adalah satu-satunya subspesies harimau yang masih tersisa di Indonesia setelah punahnya harimau bali pada 1930-an, serta harimau jawa sejak 1980-an.

Harimau dikagumi sekaligus ditakuti sebagai lambang kekuatan dan kebuasan alam. Gerakannya gesit, lentur, kuat, dan anggun. Harimau sumatera terancam akibat kerusakan habitat dan perburuan liar untuk mengambil kulit lorengnya, serta mengambil bagian tubuhnya untuk pengobatan tradisional.

Namun, jarang diungkapkan, apa yang menjadi keunikan spesies ikonik Indonesia selain orangutan itu. Zoological Society of London yang juga memiliki program konservasi hewan bernama latin Panthera tigris sumatrae mengungkap 12 keunikannya, berikut 10 diantaranya fakta mengagumkan tentang harimau Sumatera:

Harimau Terkecil

Ada 5 sub-spesies harimau yang kini masih eksis, seperti harimau Bengali, harimau Siberia, dan harimau Malaya. Harimau sumatera merupakan sub-spesies yang terkecil, hanya ditemukan di pulau Sumatera.

Tinggal Ratusan

Status harimau sumatera menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN) adalah terancam punah. Data terbaru menyebut, populasi harimau itu hanya sekitar 441 - 679 di alam liar.

Berburu Sejak Usia Setahun

Harimau sumatera memang tinggal dengan induknya hingga usia sekitar 2 tahun. Namun, menurut penelitian, jenis itu telah berburu sejak usianya setahun.

Berusia Tua

Jangan menyangka bahwa harimau sumatera adalah sub-spesies yang baru lahir. Fosil di China mengindikasikan bahwa harimau itu telah eksis sejak 2 juta tahun lalu.

Suka "Ngadem"

Tak seperti sepupu lainnya, harimau sangat senang berenang. Mereka senang "ngadem" berada di tepi sungai dan "berendam" di air sungai itu.

Pola Garis Unik

Pola garis tiap harimau sumatera unik. Harimau sumatera sendiri unik karena pola garisnya merupakan yang paling tipis dibandingkan dengan harimau lainnya.

Aumannyaaa....

Harimau sumatera punya auman yang super keras. Auman itu bisa terdengar hingga jarak 3 kilometer.

Jago Melompat

Bahkan jika duduk sekalipun, harimau Sumatera mampu melompat hingga jarak 10 meter.

Bulu Janggut

Harimau opunya 5 jenis bulu janggut. Bulu itu akan menangkap getaran dari mangsanya.

Gigitan Kuat

Harimau sumatera memiliki kekuatan gigitan yang kuat, mencapai 450 kilogram gaya.

Category: Hewan BinatangTags:
Jayabet