4 Fakta Tewasnya Santoso, Teroris Poso Yang Mati Tertembak

klg asli

berhasil

Foto Jenazah Mayat Santoso Teroris Poso Tewas Mati Tertembak

Wartainfo.com - Pimpinan teroris paling dicari saat ini di Indonesia dan Amerika, Abu Wardah alias Santoso akhirnya tewas dalam baku tembak di dalam hutan. Perburuan cukup panjang itu setelah Operasi Tinombala dikerahkan dengan ribuan prajurit TNI dan Polri.

Kontak senjata antara Satgas Tinombala dengan kelompok bersenjata Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di wilayah pegunungan Desa Tambarana, Pesisir Utara Poso, Sulawesi Tengah, Senin (18/7) petang waktu setempat, berujung tewasnya Abu Wardah alias Santoso dan Muchtar alias Kahar.

Perburuan teroris ini berawal saat anggota satgas Tinombala melakukan patroli dan menemukan gubuk. Anggota satgas lantas melakukan tiga titik penyergapan di tiga titik. Kemudian mengikuti jejak hingga akhirnya sampai di gubuk kedua. Di sana terlihat orang tidak dikenal mengambil sayur dan ubi untuk menutupi jejak.

Kemudian tim patroli melihat jejak ke sungai menuju arah utara, terlihat tiga orang di seberang sungai dan langsung menghilang. Kemudian tim patroli melaksanakan patroli kembali dan melaporkan bahwa melihat orang tidak dikenal yang diduga kuat salah satunya Santoso, sekitar jarak 20-30 meter kemudian anggota melakukan pendekatan dengan senyap.

Setelah tim mendekat, terlihat mereka sedang duduk dan kemudian terjadi kontak senjata sekitar 30 menit. Tim kontak senjata dengan lima orang. Santoso dan Mochtar tewas, sementara Basri, Nurmi Usman alias Oma istri Basri dan Jumiatun Muslim alias Atun alias Bunga alias Umi Delima yang merupakan istri Santoso berhasil kabur.

"Tiga orang yang melarikan diri diduga Basri dan istrinya beserta istri Santoso," kata Kepala Satgas Tinombala, Kombes Pol Leo Bona Lubis, kepada wartawan, Selasa (19/7).

selanjutnya tim membagi menjadi dua kelompok. Satu tim terdiri dari empat personel melaksanakan pengamanan TKP, jenazah dan barang bukti. Satu tim lainnya terdiri dari lima personel melakukan perburuan. Dilandir dari Merdeka.com, Berikut fakta-fakta tewasnya teroris Poso Santoso yang mati tertembak dalam baku tembak di hutan :

1. Santoso Disergap Ketika Mandi

Foto Mayat Jenazah Pimpinan Teroris Santoso Poso Tewas Dalam Baku Tembak

Foto Jenazah terduga teroris Abu Wardah alias Santoso yang tewas dalam baku tembak dengan Satgas Tinombala di wilayah pegunungan Desa Tambarana, Pesisir Utara Poso, Sulawesi Tengah, Senin (18/7) petang waktu setempat.

Satgas Tinombala yang melakukan patroli akhirnya menemukan jejak terakhir keberadaan teroris Santoso di sebuah sungai di tengah hutan Gunung Biru. Sebelum tewas tertembak, Santoso diketahui sedang mandi di tempat tersebut.

"Dari jarak antara 20 sampai 30 meter terlihat DPO sedang mandi kemudian didekati dan di situlah terjadi baku tembak," kata Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Rudy Sufahriadi, Senin (18/7) malam. Selanjutnya, satgas terlibat baku tembak dengan kelompok teroris, hingga akhirnya Santoso bersama Mochtar tewas.

"Salah satu tewas ciri-cirinya berjenggot dan tahi lalat yang diperkirakan Santoso," kata Rudy.

Rudy menambahkan, untuk tiga orang yang melarikan diri itu dua diketahui berjenis kelamin perempuan dan satu laki laki. Saat kabur, kedua perempuan membawa satu pucuk senjata M-16 dan kabur ke arah barat serta satu lelaki laki kabur ke arah selatan.

Category: Berita Peristiwa, News
Jayabet