8 Manfaat Luar Biasa dari Berpelukan Bagi Kesehatan

klg asli

berhasil

Foto Hot Pelukan Romantis Mesra Artis Indonesia

Wartainfo.com - Menurut hasil penelitian setiap orang butuh pelukan setidaknya 8 kali sehari. Karena ternyata pelukan memiliki sejuta manfaat untuk siapa saja yang melakukannya. Berpelukan bukan hanya adegan romantis yang dilakukan sepasang kekasih.

Berpelukan bisa dilakukan bersama orang-orang tersayang dan terjadi dalam berbagai kondisi. Misalnya, seorang ibu memeluk anaknya yang terbangun dari mimpi buruk. Sang anak pun kemudian akan merasa lebih tenang. Atau seorang ayah memeluk anaknya yang memiliki hasil ujian baik.

Setiap pelukan tersebut ternyata membawa manfaat bagi kesehatan. Bahkan sebuah studi menyatakan, kita semua membutuhkan 4 pelukan dalam sehari untuk bertahan hidup, 8 pelukan dalam sehari untuk menjaga kesehatan, dan 12 pelukan dalam sehari untuk membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan. Seperti dikutip dari Boldsky, Berikut 8 manfaat luar biasa dari pelukan untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berpelukan ternyata bisa mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, Anda tak mudah terserang penyakit. Tak hanya itu, berpelukan juga dapat mengurangi rasa sakit, memberikan energi bagi pasien kanker, hingga membantu bayi lahir prematur untuk bertahan hidup.

2. Membuka Komunikasi

Sebuah pelukan dapat membuat seseorang lebih terbuka dalam berkomunikasi karena merasa aman. Pelukan memudahkan seseorang untuk membagi cerita yang telah mengganggu pikirannya.

3. Merangsang Kinerja Hormon Baik

Pelukan dapat merangsang kinerja hormon baik, dengan berpelukan dapat membuat suasana hati lebih baik. Ketika merasa lebih baik, ada zat kimia yang dilepaskan di otak bernama oksitosin.

Anda akan merasa lebih aman, dicintai dan dipercaya. Berpelukan juga meningkatkan produksi hormon serotonin yang membuat seseorang merasa bahagia.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Pelukan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Orang yang tumbuh dalam lingkungan keluarga di mana pelukan merupakan hal yang penting biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi karena mereka terbiasa merasa berharga dan dicintai.

Saat dewasa perasaan ini berperan penting untuk mengembangkan sifat mampu mencintai dan menghargai diri sendiri.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Berpelukan bisa menjadi obat untuk orangtua Anda. Dengan memeluk, dapat menjaga tekanan darah lebih terkontrol. Sebuah sentuhan akan mengirimkan sinyal ke saraf Vagus yang bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Meningkatkan Kesabaran

Banyak orang telalu sibuk sehingga tak memiliki waktu untuk menunggu atau mendengarkan orang lain. Cukup dengan berpelukan, Anda bisa meningkatkan kesabaran seseorang. Secara tidak langsung membantu seseorang lebih sabar ketika menghadapi masalahnya.

7. Satu Pelukan Setara Dengan Meditasi

Rasanya tidak melebih-lebihkan kalau dikatakan pelukan setara dengan meditasi. Pelukan mengajarkan seseorang untuk melepaskan segala beban dan masalah yang sedang dihadapi dan membuat seseorang mengalir bersama energi kehidupan.

Dengan berpelukan, Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk mendaftar kelas yoga dan meditasi untuk sekadar belajar menghubungkan pikiran dengan hati serta tubuh.

8. Menjaga kesehatan Jantung

Penelitian membuktikan, sebuah pelukan yang hangat dapat menjaga jantung berdetak normal. Berpelukan dapat menjaga kesehatan jantung. Ini menjadi salah satu alasan yang paling penting mengapa berpelukan dibutuhkan. (wartainfo.com)

Category: Gaya Hidup, KesehatanTags:
Jayabet