Aksi Teror Penembakan Brutal di Munich Jerman, 10 Tewas Termasuk Pelaku

klg asli

Foto Aksi Teror Penembakan di Mall Munich Jerman 2016

Wartainfo.com - Aksi penembakan brutal secara membabi buta terjadi di pusat perbelanjaan di Munich, Jerman di area Olympia-Einkaufszentrum, Jumat (22/7/2016) sekitar pukul 16.50 waktu setempat.

Penembakan bermula dari gerai makanan McDonald's. Tiga pelaku dilaporkan menembak secara membabi buta di dalam gerai makanan itu dan kemudian berjalan menuju mall Olympia. Mereka terus menembaki siapa pun yang ditemui di jalan hingga masuk ke dalam mall.

Akibat penembakan di pusat perbelanjaan di Munich, Jerman, 10 orang tewas termasuk seorang pemuda yang diduga pelaku yang tewas menembak dirinya sendiri. Sebanyak 21 orang lainnya terluka, di antara para korban tewas berusia masih muda. Selain itu anak-anak juga ditemukan pada korban luka.

"Polisi mencari penyerang, menemukan seorang pria yang telah membunuh dirinya sendiri dan menyimpulkan dia adalah satu-satunya pria bersenjata," kata kepala polisi Jerman dilansir cnn.com, Sabtu (23/7).

Pria bersenjata tak dikenal itu diketahui berusia sekitar 18 tahun etnis Jerman-Iran yang tinggal di Munich selama lebih dari dua tahun.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas peristiwa itu dan polisi belum memberikan motif. Pihak berwenang mengatakan anak-anak termasuk di antara korban.

Sebelum menembak secara membabi buta, pelaku teror di Munich diketahui sempat berteriak soal kewarganegaraannya. Tak hanya itu, dia juga menghina para pendatang yang tinggal di negeri tersebut.

Foto Aksi Teror Penembakan Brutal Membabi Buta di Pusat Perbelanjaan Mall Munich Jerman 2016

Polisi mengevakuasi warga yang panik dari Mal Olimpia, Munich Jerman.

Salah seorang saksi menyebutkan, pelaku penembakan sempat berteriak dengan lantang di depan semua orang. Setelah itu, dia mengangkat senjata dan menembak secara membabi buta.

Penembakan awalnya diketahui terjadi di dalam mal. Namun sejumlah saksi menyebut pelaku menembak membabi buta di restoran cepat saji McDonald's yang berada di seberang jalan dari pusat perbelanjaan terbesar di Munich itu.

Polisi sebelumnya mencari tiga orang penembak setelah mendapat laporan dari para saksi. Namun polisi sudah meminta pernyataan dari dua orang yang diduga pelaku dan akhirnya mereka tidak ditetapkan sebagai tersangka.

Karena insiden ini, Kanselir Jerman Angela Markel telah memerintahkan seluruh menteri terkait untuk kembali ke Berlin dan mengadakan pertemuan mendadak pada hari ini.

Penembakan di Munich ini telah membuat Eropa berada dalam tingkat kewaspadaan tinggi. Pekan lalu, sebuah truk menabrak kerumunan warga yang datang menyaksikan perayaan Bastille Day di Nice, Perancis. Sebanyak 80 orang tewas.

Setelah itu, masih pada pekan ini, seorang remaja yang mengaku terinspirasi ISIS menusuk para penumpang di Stasiun German hingga polisi menembak mati remaja itu.

Dalam video berdurasi pendek dan tersebar di dunia maya, pelaku tampang mengenakan pakaian serba hitam. Mereka diketahui menembak hingga 20 kali. Berikut video mencekam kepanikan pengunjung di dalam pusat perbelanjaan (mall) Olympia Munich Jerman saat terjadi penembakan brutal:

Category: Internasional, NewsTags:
Jayabet