Cara Mendapatkan ‘Membuat’ Anak Kembar, Perempuan Perlu Tahu!

klg asli

berhasil

Foto Ibu Menyusui Bayi Anak Kembar Lucu

Cara Supaya Bisa Hamil Anak Kembar, Walaupun tak memiliki garis keturunan keluarga kembar, kehamilan ganda dapat diusahakan. Pada pasangan yang memiliki riwayat keturunan kembar, kemungkinan hamil kembar meningkat 2,5 kali lipat. Namun, peningkatan kemungkinan ini hanya terjadi bila pada sisi istri terdapat garis keturunan kembar.

Bila suami yang memiliki garis kembar, maka peluang untuk punya anak kembar tidak mengalami peningkatan. Hal ini karena kehamilan kemjar terjadi akibat pembelahan sel telur yang pastinya berasal dari ibu.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada riwayat keluarga maka otomatis kita dapat memiliki anak kembar. Secara umum, kehamilan kembar terjadi pada 1 dari 250 kehamilan.

Peluang kehamilan kembar lebih besar terjadi pada perempuan usia 30-an atau 40-an yang secara hormonal tidak stabil. Sewaktu mengalami ovulasi, bisa terjadi lebih dari satu sel telur matang yang terlepas dari indungnya di saat bersamaan. Artinya, kehamilan kembar juga sering terjadi tanpa adanya riwayat kembar di keluarga.

Penggunaan obat-obatan penyubur atau hormonal ini juga menjadi salah satu cara yang ditempuh untuk mendapatkan momongan kembar. Diperkirakan, dengan obat penyubur tingkat kemungkinan hamil kembar naik hingga 10 persen.

Lihat juga:

Frekuensi kehamilan kembar meningkat pada perempuan yang siklus ovulasinya diinduksi oleh penyuntikan gonadotropin, yakni hormon yang merangsang atau menstimulasi fungsi ovarium sehingga perempuan jadi lebih subur.

Sedangkan obat penyubur seperti: klomifen sitrat atau pergonal dipakai demi meningkatkan kemungkinan mendapatkan kehamilan kembar lebih dari dua

Tentu saja, tidak ada usaha yang keberhasilannya bisa dijamin seratus persen. Seperti halnya tidak semua pasangan keturunan kembar akan melahirkan anak kembar. Begitu juga dengan rangsangan melalui obat penyubur atau hormonal.

Namun tentu, tak semua ibu bisa memenuhi harapannya ini. Ada yang mengatakan bahwa kehadiran bayi kembar hanya terjadi dalam 1 dari 33 kehamilan (ada yang mengatakan 1 dari 80 kehamilan). Namun bila ditinjau secara ilmiah, ada beberapa hal yang meningkatkan kemungkinan terjadinya bayi kembar: (wartainfo.com)

1. Faktor Usia

Satu alasan meningkatnya kelahiran bayi kembar di Amerika adalah tren dalam menunda kehamilan. Kehadiran bayi-bayi kembar ini meningkat di kalangan wanita berusia di atas 35 tahun. Kesempatan Anda memiliki bayi kembar jika usia Anda di bawah 25 tahun kurang dari separuh daripada jika Anda berusia di atas 35 tahun.

Kemungkinan kembar dihadirkan oleh teknologi reproduksi. Anda mungkin belum pernah mendengarnya, namun obat-obatan yang mendukung terjadinya ovulasi (untuk menyuburkan) maupun in-vitro fertilization (IVF) ternyata meningkatkan kemungkinan hadirnya bayi kembar. Selama tahun 1973 hingga 1990, kelahiran kembar meningkat dua kali dibandingkan bayi tunggal, dan kembar tiga dan selebihnya juga meningkat tujuh kali lipat.

2. Keluarga Dekat Anda Kembar

Anda bisa memprediksi bahwa Anda mungkin punya kesempatan melahirkan bayi kembar sebelum Anda dinyatakan hamil, jika keluarga Anda memiliki keturunan kembar fraternal (dizygotic).

Kebalikan dengan apa yang diyakini oleh sebagian orang, Anda tidak perlu melewati satu generasi dulu untuk mendapatkan kesempatan tersebut. Jika ibu atau nenek Anda kembar, Anda pun mungkin mewarisi gen yang menyebabkan Anda melepaskan lebih dari satu telur dalam sekali waktu, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan bayi kembar.

Category: Kesehatan, WanitaTags:
obat viagra