Cara Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja Yang Baik dan Benar

klg asli

berhasil

Foto Tips Cara Wawancara Kerja (Interview) yang Baik dan Benar

Menghadapi Wawancara (Interview) Kerja Yang Baik Bagi Pemula, Ketika Anda ingin masuk ke sebuah perusahaan untuk bekerja, tentu Anda akan melalui proses wawancara. Dalam proses tersebut, Anda akan ditanya seputar kesiapan untuk bekerja.

Para pewawancara tidak akan melontarkan pertanyaan yang tidak penting, dangkal, dan tanpa arti. Ibaratnya, mereka adalah "pintu gerbang" perusahaan yang memutuskan apakah seseorang bisa bergabung ke dalam perusahaan atau tidak.

Pada saat mereka mengajukan pertanyaan, apapun itu, mereka memiliki motif tersembunyi atau alasan yang mendasarinya. Di bawah wartainfo.com rangkum dari berbagai sumber beberapa contoh pertanyaan yang biasanya diajukan ketika wawancara kerja berlangsung dan arti di baliknya:

Pertanyaan 1: Mengapa perusahaan kami harus menerima Anda? 

Arti pertanyaan ini:

  • Memberi kesempatan bagi Anda dalam meyakinkan mereka, bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk dipekerjakan dan menjadi bagian dalam perusahaan.
  • Mereka ingin Anda mempromosikan diri, dan menyebutkan yang membuat Anda spesial dan berbeda dibandingkan pelamar yang lain.

Lakukan ini: Sebelum wawancara, berlatihlah mempromosikan diri Anda di depan cermin. Dengan berlatih terlebih dahulu, Anda bisa menilai apakah "promosi" Anda menarik atau tidak. 

Pertanyaan 2: Ada yang ingin Anda tanyakan kepada kami?

Arti pertanyaan ini:

  • Apakah Anda mempersiapkan diri untuk wawancara dengan mencari informasi mengenai perusahaan terlebih dulu?
  • Apakah Anda serius tertarik dengan posisi yang Anda lamar atau hanya sekedar coba-coba saja?

Lakukan ini: Kumpulkan pertanyaan seputar perusahaan yang ingin Anda masuki, tidak perlu banyak, satu atau dua cukup untuk membuktikan Anda mempunyai minat yang besar terhadap perusahaan tersebut.

Pertanyaan 3: Mengapa Anda tertarik untuk bekerja atau bergabung di dalam perusahaan ini? 

Arti pertanyaan ini:

  • Untuk mencari tahu apa motivasi Anda dalam bekerja, karena sebagian orang mencari peruntungan dan kesempatan dalam mendapatkan posisi pekerjaan yang sebenarnya mungkin tidak cocok dengan motivasi mereka.
  • Apakah Anda akan menjadi karyawan yang berdedikasi?
  • Apakah passion Anda sesuai dengan visi dan misi perusahaan?

Lakukan ini: Jawab pertanyaan ini dengan antusias dan tunjukkan ketertarikan Anda. Dengan menjawab seadanya, mereka akan menganggap Anda sekedar iseng atau tidak benar-benar menginginkan posisi yang Anda lamar. 

Pertanyaan 4: Apakah Anda bersedia mengkuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat?

Arti pertanyaan ini:

  • Apakah Anda fleksibel (mudah dibentuk) untuk memenuhi tujuan perusahaan?
  • Apakah Anda cakap bekerja dalam tim?
  • Apakah Anda akan berusaha semaksimal mungkin ketika dihadapkan pada pekerjaan yang sulit?
  • Bagaimana sikap Anda ketika diberi pekerjaan ekstra? Bersedia atau tidak?

Lakukan ini: Jawab pertanyaan ini dengan menyiratkan bahwa Anda adalah orang yang mampu bekerja dalam tim, mau belajar, mengerti pentingnya pendidikan dan kemajuan intelektual. 

Pertanyaan 5: Coba beritahu kami, di mana Anda atau apa yang Anda lihat dalam lima tahun ke depan?

Arti pertanyaan ini:

  • Untuk mengetahui apakah Anda orang yang stabil, dapat diandalkan, dan mempunyai komitmen pada pekerjaan Anda.
  • Apakah Anda mempunyai rencana untuk fokus dalam pekerjaan ini atau hanya berlangsung sementara sampai Anda mendapatkan pekerjaan yang lebih baik?
  • Apakah Anda seseorang yang berorientasi pada tujuan?

Lakukan ini: Jika Anda memberikan jawaban yang menyiratkan bahwa Anda hanya akan berada di perusahaan ini untuk satu atau dua tahun saja, maka sebagian besar perusahaan tidak akan menerima Anda. Ingat, selama wawancara tujuan Anda dalam bekerja hanya satu, yaitu menjadi karyawan yang loyal dan berkomitmen untuk perusahaan. 

Category: TipsTags:
Jayabet