Begini Cara Penjahat Mencuri dan Membobol Kartu ATM Kamu, Waspadalah!

klg asli

berhasil

Begini Cara Pencuri Membobol Mencuri Uang di Rekening Bank Lewat Mesin Kartu ATM

Wartainfo.com - Pencurian melalui anjungan tunai mandiri (ATM) dengan berbagai modus masih marak terjadi. Pelaku kejahatan makin pandai memanfaatkan kecanggihan teknologi. Pihak bank pun makin ketat dan meningkatkan sistem pengamanan keuangan.

Namun demikian masih saja ada pelaku yang bisa melakukan kejahatan terhadap korban dengan mencuri uang di dalam rekening. Berikut beberapa modus perampokan dan pencurian uang di rekening bank lewat kartu ATM:

1. Hipnotis

Pelaku biasanya menawarkan bantuan kepada korban, salah satunya dengan menarik kartu yang tersangkut di mesin ATM. Modus hipnotis ini mungkin saja terjadi jika korban bersentuhan dengan pelaku, seperti ditepuk atau bersalaman hingga membuat korban bingung dan tak menyadari kartu ATM-nya telah ditukar dengan kartu palsu.

2. Skimming

Modus ini tergolong canggih karena menggunakan sejumlah peralatan, seperti alat pemindai magnetik yang disebut skimmer, dudukan slok kartu di mesin ATM, serta kamera.

Begitu korban bertransaksi, otomatis data yang dimiliki korban tercatat melalui alat pindai tersebut. Pelaku bisa dengan mudah mengakses data ATM korbannya. Data itu kemudian dimasukan ke dalam kartu palsu dan kemudian digunakan untuk bertransaksi. (baca: Kenali cara modus pembobolan kartu ATM lewat teknik Skimming)

3. Nomor Call Center Palsu

Pelaku menempelkan selebaran informasi berupa nomor panggilan darurat atau call center kepada nasabah bank. Pelaku terlebih dulu memastikan jika ATM dalam kondisi rusak atau sengaja dibuat rusak.

Kondisi tersebut bisa membuat kartu ATM korban tertahan di dalam mesin. Korban yang panik akan langsung menghubungi call center palsu. Pelaku kemudian mengarahkan korban untuk melakukan perintahnya.

4. Penukaran Uang

Cara ini digunakan pelaku dengan berpura-pura memerlukan bantuan kepada korban. Pelaku memohon kepada korban untuk mentransfer sejumlah uang ke sebuah rekening.

Sebagai gantinya, pelaku menyerahkan uang tunai kepada korban sebagai pengganti dengan nominal yang sama. Namun, uang tunai yang digunakan ternyata uang palsu.

Di video ini, dibeberkan cara bagaimana pencuri bisa mengambil kartu ATM kamu. Jadi untuk sahabat wartainfo yang sering mengambil uang di ATM terbuka, harus lebih waspada ya!

Category: Teknologi
Jayabet