3 Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Kesehatan Tubuh Yang Luar Biasa

klg asli

berhasil

Foto Wanita Cewek Cantik Sedang Mandi, Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Untuk Kesehatan Tubuh

Wartainfo.com - Mandi adalah bagian ritual sehat kita sehari-hari. Air dingin dan panas punya manfaat yang sama bagus untuk kesehatan kita. Air dingin telah lama digunakan sebagai salah satu terapi untuk cedera otot. Manfaat lainnya adalah membantu penurunan berat badan dan menyegarkan kulit. Ada juga bukti lain yang mengatakan, bahwa air dingin dapat membantu kesehatan mental.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Medical Hypotheses menyebutkan, bahwa air dingin dapat digunakan sebagai terapi bagi depresi.

Mandi air dingin di waktu pagi juga dapat meningkatkan produktivitas sepanjang hari. Membasuh tubuh dengan air dingin selama kurang lebih dua menit kemudian diikuti dengan air bersuhu normal selama sekitar 30 detik akan memberikan efek sebagai berikut:

1. Pikiran Menjadi Lebih Fokus

Pada 15 detik pertama saat tubuh kita tersiram air dingin, tak ada hal lain yang bisa dipikirkan otak selain merasakan dinginnya air tersebut.

Tapi, ketika tubuh sudah bisa menyesuaikan diri, sesuatu yang menarik akan terjadi. Anda akan merasakan bagian mana dari tubuh Anda yang mengalami kekakuan otot. Lalu, kekakuan itu akan mengendur dengan perlahan. Anda akan menjadi santai. Tubuh Anda merasakan dinginnya suhu air tapi juga rileks hingga ke pikiran dan Anda menjadi lebih fokus.

2. Lebih Termotivasi

Setelah dua menit berlalu, matikan shower dan Anda akan merasa segar serta termotivasi. Silakan duduk sambil melihat jadwal kegiatan di agenda seraya menikmati sarapan. Ya, Anda akan merasa bugar dan penuh semangat.

3. Timbul Kekuatan Keinginan

Hari-hari berikutnya Anda mandi air dingin, efeknya akan kurang lebih sama dengan hari sebelumnya. Tapi, ada perbedaan yang penting: Anda akan lebih menyukai ritual mandi air dingin. Bahkan mungkin, Anda ingin menyanyi dan menari sepanjang aktivitas mandi yang hanya beberapa menit itu.

Jika dijelaskan dengan kata-kata: Anda mungkin tidak suka air dingin, tapi Anda suka efek yang ditimbulkannya. Dan ini akan membuat Anda menginginkannya lagi dan lagi.

Mandi air dingin sejatinya juga bermanfaat untuk kesehatan. Menyalakan pancuran air dingin selama sekitar lima menit terakhir waktu mandi dapat "membangunkan" tubuh.

Perubahan mendadak suhu air ini bermanfaat menghilangkan kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan mental. Mandi air dingin selama dua hingga tiga menit direkomendasikan untuk mengurangi depresi.

Mandi air dingin juga lebih bersahabat untuk rambut dan kulit kita. Air panas membuat rambut dan kulit jadi kering sementara air dingin bermanfaat melembabkannya.

Category: KesehatanTags:
obat viagra