5 Fakta Unik dan Menarik Seputar Pilgub DKI Jakarta 2017

klg asli

Foto Pasangan Cagub Cawagub Pilgub Pilkada DKI Jakarta 2017

Wartainfo.com - Pilgub DKI Jakarta 2017 akan berlangsung sengit. Hal ini ditandai dengan turun gunungnya para senior partai, seperti Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono dan Prabowo Subianto dalam menentukan para calon yang diusung.

Setelah melewati drama yang panjang, akhirnya ada 3 pasangan yang maju di Pilgub DKI 2017 mendatang. Ketiganya adalah pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan Djarot Saiful Hidayat yang diusung gabungan PDIP, NasDem, Golkar dan Hanura.

Pasangan kedua yang mendaftar ke KPU DKI adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. Keduanya diusung oleh Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN.

Foto Selfie Pasangan Calon Gubernur Cagub Cawagub Pilgub di Pilkada DKI Jakarta 2017

Pasangan ketiga yang mendaftar adalah Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Duet pasangan ini diusung oleh dua partai, Gerindra dan PKS. Terdapat beberapa fakta unik dan menarik Pilgub DKI Jakarta kali ini, diantaranya yaitu:

1. Tidak Ada Calon Gubernur Yang Kader Partai

Semuanya dipilih dan dicalonkan oleh partai politik. Tapi tiga cagub ini bukan kader partai pengusungnya. Basuki Tjahaja Purnama bukanlah kader PDIP Perjuangan, Agus Yudhoyono juga bukan kader Partai Demokrat. Begitu pula Anies Baswedan bukan kader Gerindra atau PKS.

2. Bikin 'Tiga Guru Besar' Turun Gunung

Pilgub DKI tak cuma jadi pertarungan pengurus tingkat provinsi. Tapi Juga Dewan Pengurus Pusat bahkan ketua umum Partai. Susilo Bambang Yudhoyono, Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri turun gunung untuk memilih dan mengawal jagoan mereka untuk menang.

3. Tak Ada Satu pun Cagub Kelahiran Jakarta

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok lahir di Manggar, Belitung Timur. Anies Baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat. Agus Harimurti Yudhoyono lahir di Bandung, Jawa Barat.

4. Pendidikan Minimal S-2

Pertarungan Pilgub DKI Jakarta diisi para calon yang punya latar pendidikan mumpuni. Tak ada yang cuma lulusan SMA. Semuanya minimal S2.

Ahok adalah insinyur lulusan teknik Geologi, Fakultas Teknik Universitas Trisakti tahun 1990. Dia kemudian mengambil gelar Master Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya tahun 1994.

Agus lulusan Akademi militer tahun 2000. Dia meneruskan kuliah di Master Strategic Studies di Institute of Defence and Strategic Studies Nanyang Technological University (NTU), Singapura tahun 2006. Sambil mengambil pendidikan militer di AS, Agus juga sempat menyabet gelar Master of Public Administration, John Kennedy School of Goverment, Mei 2010.

Sementara Anies Baswedan lulus dari Fakultas Ekonomi UGM tahun 1995. Anies lalu mendapatkan beasiswa untuk mengambil master bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi di School of Public Affairs di University of Maryland, College Park pada tahun 1997. Tahun 1999, Anies meraih Doktoral di bidang ilmu politik di Northern Illinois University.

5. Inisial Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017

Semua nama calon gubernur atau panggilannya diawali dengan huruf 'A'. Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama, Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan. Banyak yang menyebut Pilgub ini pertarungan Tiga A. Calon wakilnya pun punya inisial S: Saiful, Sylviana dan Sandiaga.

Baca juga: Hasil Survei Terakhir Cagub DKI Jakarta 2017: Elektabilitas Ahok Masih Ungguli Pasangan Calon Gubernur Lainnya

Category: Nasional, PolitikTags:
Jayabet