Gambar 6 Spesies Nyamuk Ganas Berbahaya Paling Mematikan di Dunia

klg asli

Jenis Spesies Nyamuk Ganas Berbahaya Paling Mematikan di Dunia Beserta Gambarnya

Jenis Nyamuk Paling Berbahaya di Dunia yang Mematikan, Dunia kesehatan baru-baru ini sedang digemparkan oleh sebuah temuan virus terbaru yang bisa dibilang cukup membahayakan dan mematikan. Virus tersebut adalah virus Zika.

Virus Zika pertama kali diketahui merebak di Brasil. Virus ini kini menular ke lebih dari satu juta orang, dan kasusnya muncul dibanyak tempat, kebanyakan di Amerika Latin dan Kepulauam Samudera Pasifi, seperti Kolombia, El Salvador, Haiti, Honduras, Meksiko, Venezuela, dan Puerto Rico.

Dampak virus ini berbahaya bagi ibu hamil dan anak yang dikandungnya. Efeknya, bayi akan lahir dengan kepala kecil (microcephaly), berbeda dengan orang dewasa yang hanya akan muncul bentol kecil di sekujur tubuh tanpa sakit jika terpapar virus ini.

Baca juga:

Virus Zika ditularkan melalui gigitan nyamuk dalam hal ini yang menjadi vektor adalah nyamuk Aedes. Dapat dalam jenis Aedes aegypti untuk daerah tropis, Aedes africanus di Afrika, dan juga Aedes albopictus pada beberapa daerah lain seperti dikutip laman Kementerian Kesehatan RI.

Lebih dari 3.000 spesies nyamuk ada di dunia, namun hanya beberapa di antaranya yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Apa saja? Berikut 6 jenis spesies nyamuk ganas yang berbahaya dan paling mematikan di dunia beserta gambarnya.

1. Aedes Aegypti

Gambar Aedes aegypti Jenis Spesies Nyamuk Demam Berdarah Ganas Penyebab Penyakit Malaria Mematikan Paling Berbahaya di Dunia

(Foto: Vichai Malikul/Department of Entomology/Smithsonian Institution)

Aedes aegypti. Nyamuk penyebar virus demam berdarah, demam kuning hingga zika ini adalah species nyamuk yang paling terkenal. A. aegypti betina sangat doyan menggigit manusia, dan senang berdiam di dalam rumah.

Karakteristik nyamuk ini terletak pada bagian perutnya yang runcing di bagian ujung. Nyamuk ini juga memiliki strip putih di bagian punggung  dan kakinya. Nyamuk ini juga dikenal sangat lincah, sehingga sulit untuk dibunuh. Gerakan sedikit saja dapat membuatnya terbang menjauhi kulit.

Category: KesehatanTags:
Jayabet